Menu Close

Pakai Atap Baja Ringan, Bisa Bikin HP Susah Sinyal? Cek Faktanya!

Atap Baja Ringan

Sebagaimana sinyal serta koneksi internet di handphone (HP), kebutuhan atap baja ringan juga tidak kalah tinggi.

Sinyal HP dibutuhkan di era modern seperti sekarang untuk berkomunikasi, bahkan yang berkaitan dengan pekerjaan. Sementara atap baja ringan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan atap bangunan. Sekarang,  material ini semakin populer lantaran memiliki berbagai keunggulan, seperti kokoh, awet, tahan karat, mudah pemasangan, hingga relatif lebih ekonomis.

Keduanya memang sama-sama dibutuhkan di era modern ini. Masalahnya, muncul salah satu pertanyaan, “apakah penggunaan atap baja ringan akan membuat HP susah sinyal?”

Ulasan berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Karena baik pemilik bangunan beratap baja ringan maupun orang-orang yang sedang mempertimbangkan menggunakan material apa untuk bangunan mereka, memahami bagaimana pengaruh material ini terhadap gawai sangat penting.

Keterkaitan Sinyal HP dan Atap Baja Ringan

Sinyal handphone yang berupa frekuensi radio, bisa saja terpengaruh atau pun tidak ada masalah dengan penggunaan atap baja ringan di suatu bangunan.

Kenapa? Pertama, karena  kaitannya dengan keberadaan Base Transceiver Station (BTS), apakah jauh atau dekat dari rumah, di mana kondisi ini akan memengaruhi kekuatan sinyal.

Semakin jauh BTS dari rumah, maka kekuatan sinyal HP akan berkurang, bahkan bisa membuat lost signal alias kehilangan sinyal.

Pasalnya, gelombang radio tidak bisa melewati konduktor listrik seperti air dan logam, seperti dikutip dari laman Britannica.

Di sisi lain, semakin dekat BTS dari rumah, kekuatan sinyal akan lebih bagus. Sehingga atap baja ringan relatif tidak mengganggu sinyal HP.

Kalau pun menganggu, pengurangan sinyal yang diterima hanya sedikit. Jadi bisa dianggap tidak berpengaruh.

Baca juga: Insomnia Bisa Diatasi dengan Bersepeda, Fakta atau Mitos?

Tips Internetan Lancar di Area Minim Sinyal pada Rumah Beratap Baja Ringan

Rumah beratap baja ringan yang berada di area minim sinyal masih memungkinkan untuk bisa internetan lancar, terutama jika menggunakan handphone model terbaru yang dapat terhubung dengan Wi-Fi.

Ilustrasi Jaringan Internet Wi-Fi
Ilustrasi Jaringan Internet Wi-Fi (dok. Pixabay.com @geralt)

Hal ini karena Wi-Fi bergantung pada sinyal yang disediakan oleh layanan kabel atau satelit, ukuran dan konfigurasi rumah, serta kualitas serta pengaturan modem dan router di dalam hunian.

Artinya penggunaan atap baja ringan tidak terlalu berpengaruh secara signifikan dengan kelancaran internet Wi-Fi.

***

Berdasarkan ulasan tersebut, ternyata bukan atap baja ringan yang membuat sinyal HP menghilang, melainkan jangkauan BTS dari rumah. Sementara itu, Wi-Fi tidak terpengaruh dengan keberadaan atap dari material yang terbuat dari Baja Lapis Aluminium Seng (Bj.LAS) tersebut.

Handphone yang dapat tersambung dengan Wi-Fi menjadi solusi bagi pemilik bangunan beratap baja ringan yang berada di area sulit sinyal.

Mau HP Baru yang Bisa Wi-Fi Secara Gratis?

Sekarang, tidak harus beli langsung Handphone, lho! Rejeki Toko ZINIUM®, program undian berhadiah yang diselenggarakan PT Sunrise Steel, memberi kesempatan bagi para pemilik toko baja ringan untuk memenangkan hadiah super mewah, salah satunya adalah Smarthphone Samsung A-03S.

HP Samsung A03s
Samsung Galaxy A-03S (dok. Samsung.com)

Tidak hanya bisa terkoneksi dengan Wi-Fi, HP terbaru merek Samsung dengan prosesor MediaTek Helio P35 ini dibekali spesifikasi seperti memori 4/64GB, triple camera, serta baterai 5.000 mAh. Bahkan, terdapat slot microSD dengan kapasitas hingga 1TB.

Tidak sulit untuk mengikuti program undian Rejeki Toko ZINIUM®. Cukup dengan membeli baja ringan berbahan ZINIUM®, peserta berhak mendapatkan 1 kupon undian (berlaku kelipatan pembelian sesuai ketentuan) dengan rincian:

  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 250 meter atap.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 75 meter dak lantai.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 100 batang kanal C.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 250 batang reng.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 700 batang hollow.
Rejeki Toko ZINIUM
Rejeki Toko ZINIUM

Yuk, segera beli baja ringan berbahan ZINIUM®, dan ikuti program Rejeki Toko ZINIUM® yang pengundiannya dilakukan sebanyak 3 periode, yaitu:

  • Periode Pertama mulai tanggal 1 Januari 2022 sampai dengan 30 April 2022 yang bertempat di Mojokerto pada 8 Juni 2022.
  • Periode Kedua mulai 1 Mei 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022 dan akan diundi di Semarang, 5 Oktober 2022.
  • Periode Ketiga mulai 1 September 2022 sampai dengan 31 Desember 2022 di Jakarta, 14 Februari 2023.