Menu Close

Insomnia Bisa Diatasi dengan Bersepeda, Fakta atau Mitos?

Ilustrasi Bersepeda bisa atasi insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang cukup sering dialami orang dewasa. Menurut Journal of Family Medicine and Primary Care, dilaporkan bahwa antara 10% dan 30% orang dewasa menghadapi gejala insomnia.

Bahkan selama pandemi Covid-19 seperti saat ini, dokter mencatat bahwa insomnia dapat mempengaruhi lebih banyak orang.

Memiliki dampak yang cukup besar baik bagi fisik maupun mental, membuat penderita insomnia berusaha untuk mengatasi permasalahan tidurnya itu. Salah satunya dengan bersepeda.

Manfaat olahraga sepeda bukan hanya untuk berekreasi, namun juga baik untuk kesehatan tubuh, termasuk mengatasi insomnia.

Kenapa Bersepeda dapat Atasi Insomnia?

Studi yang dilakukan National Sleep Foundation tahun 2013 menemukan bahwa lebih dari 75 persen orang yang berolahraga dilaporkan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan 56 persen yang tidak berolahraga.

Pun demikian dengan beberapa dokter yang mengatakan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko gangguan tidur seperti insomnia kronis dan sleep apnea.

Terkait hal tersebut, bersepeda termasuk jenis olahraga kardio yang fungsinya bukan hanya menjaga kesehatan jantung, paru-paru, melainkan juga melancarkan sirkulasi darah. Saat sirkulasi darah lancar, masalah kesehatan serta gangguan tidur dapat teratasi.

Ilustrasi insomnia
Ilustrasi Insomnia

Selain itu, ketika bersepeda, memilih rute perjalanan favorit dan memikirkan detail perjalanan, seperti persiapan awal, menikmati pemandangan, hingga suara yang terdengar, juga dapat menyembuhkan insomnia.

Seorang pelatih bersepeda, Darryl MacKenzie pun menyebut dengan cara seperti itu, ia bisa mengatasi masalah tidur, ”Saya jarang mendapatkan lebih dari 20 menit sebelum saya tidur,” kata Darryl.

Baca juga: 5 Pekerjaan Paling Berbahaya di Indonesia, Salah Satunya Sebabkan Kecelakaan Tertinggi!

***

Ternyata, banyak manfaat yang didapat dengan bersepeda. Bahkan, sekarang olahraga ini juga menjadi tren di kalangan masyarakat.

Ingin bersepeda, tapi belum punya sepeda?

Polygon Urbano 3
Polygon Urbano 3 (dok. polygonbikes.com)

Sekarang, tidak harus beli sepeda untuk bisa bersepeda, lho! Rejeki Toko ZINIUM®, program undian berhadiah yang diselenggarakan produsen Baja Lapis Aluminium Seng (Bj.LAS), para pemilik toko baja ringan berkesempatan memenangkan hadiah super mewah, salah satunya sepeda Polygon Urbano 3 dan Polygon Urbano 5!

Polygon Urbano 5
Polygon Urbano 5 (dok. polygonbikes.com)

Tidak sulit untuk mengikuti program undian Rejeki Toko ZINIUM®. Cukup dengan membeli baja ringan berbahan ZINIUM®, peserta berhak mendapatkan 1 kupon undian (berlaku kelipatan pembelian sesuai ketentuan) dengan rincian:

  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 250 meter atap.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 75 meter dak lantai.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 100 batang kanal C.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 250 batang reng.
  • 1 Kupon undian untuk setiap pembelian 700 batang hollow.
Rejeki Toko ZINIUM
Rejeki Toko ZINIUM

Yuk, segera beli baja ringan berbahan ZINIUM®, dan ikuti program Rejeki Toko ZINIUM® yang pengundiannya dilakukan sebanyak 3 periode, yaitu:

  • Periode Pertama mulai tanggal 1 Januari 2022 sampai dengan 30 April 2022 yang bertempat di Mojokerto pada 8 Juni 2022.
  • Periode Kedua mulai 1 Mei 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022 dan akan diundi di Semarang, 5 Oktober 2022.

Periode Ketiga mulai 1 September 2022 sampai dengan 31 Desember 2022 di Jakarta, 14 Februari 2023.