Menu Close

Gimana Cara Membedakan Baja Ringan Bagus dan Abal-abal?

Baja Ringan

Mungkin bagi sebagian besar orang, membedakan baja ringan yang bagus dan yang biasa-biasa saja agak susah. Karena kalau dilihat secara kasat mata, hampir tidak ada perbedaan antara keduanya.

Mau itu warna atau bentuknya. Tapi, saat diteliti lagi atau dengan merabanya, pasti akan terasa perbedaannya.

Nah, kalau kamu ingin tahu gimana cara membedakan baja ringan yang benar-benar bagus dan kualitasnya biasa saja, baca artikel ini sampai habis ya!

Punya Sertifikat SNI

Sebagai kontraktor atau toko bangunan yang sudah terpercaya, pasti kita berusaha untuk tidak mengecewakan konsumen.

Salah satunya dengan menawarkan baja ringan yang sudah punya sertifikat SNI untuk mengurangi risiko ambruknya bangunan.

Kalau masih bingung, gampangnya, kamu bisa memilih baja ringan merek apapun. Tapi bahan pelapisnya Zinium dan ada tanda Zinium.

Karena perlu kamu tahu, Zinium yang merupakan produk inovatif dari PT Sunrise Steel ini sudah mendapat sertifikat SNI dari Badan Sertifikasi SNI. Artinya, setiap lembar Zinium sudah bisa dipastikan kualitas dan mutunya.

Bergaransi

Supaya kamu merasa tidak tertipu, coba cek dulu, apakah baja ringan yang kamu pilih itu bergaransi atau tidak.

Sebab, garansi akan memudahkanmu kalau nanti ada kerusakan saat pemasangan, mau itu karena kurangnya tegangan pada baja atau karat yang sebelumnya tidak terlihat saat proses pembelian.

Jangan malu, tanyakan pada toko bangunan baja ringan, apakah material yang kamu beli itu punya garansi atau tidak.

Punya Nilai Yield Strength yang Tinggi

Apa itu yield strength? Bahasa Indonesianya adalah kekuatan luluh. Gampangnya, yield strength adalah tegangan minimum saat material kehilangan sifat elastisnya.

Tegangan minimal dari baja ringan supaya bisa dipasang dan menopang beban saat digunakan untuk rangka atap atau kanopi adalah 550 Mpa atau biasanya tertulis G550.

Nah, kalau untuk produk rumah tangga, tegangan tarik baja ringan minimalnya adalah G300 dan G250. Keduanya lebih lentur dan lunak, sehingga gampang dibentuk.

Lapisan Pencegah Korosi

Selanjutnya, kamu perlu tahu tentang lapisan penahan korosi dari baja ringan. Karena hal ini akan berpengaruh pada kekuatan baja ringan saat menopang beban.

Pusing gimana cara tahu lapisan korosi baja ringan? Gampang, lagi-lagi pilih baja ringan berbahan Zinium dan bertanda ‘Zinium’.

Perlu kamu tahu, Zinium punya tekstur mozaik yang bentuknya segitiga berukuran 0,5 mm-3 mm tertata secara acak.

Nah, tektur ini sebagai penanda homogenitas unsur Aluminium dan Zinc yang terjadi dengan baik. Inilah yang menunjukkan betapa stabilnya kualitas lapisan penahan korosi.

Gimana, sudah paham kan cara membedakan baja ringan yang bagus? Sekarang, jangan pilih yang abal-abal ya!