Menu Close

Peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan Tukang Baja Ringan?

Tukang Baja Ringan

Baja ringan dalam beberapa tahun belakangan semakin populer dan dapat dikatakan mulai menggantikan material kayu. Karena hal ini pula, profesi tukang baja ringan juga semakin dibutuhkan.

Sebagai seorang tukang profesional, tentu diperlukan peralatan yang dapat mendukung pekerjaan agar cepat selesai dan hasilnya bagus. Kenyamanan dan keselamatan kerja pun perlu diperhatikan, mengingat aktivitas ini melibatkan fisik yang menimbulkan risiko kecelakaan kerja.

Ingin tahu lebih lanjut tentang peralatan tukang baja ringan yang dibutuhkan? Berikut daftar alat-alat yang biasanya digunakan.

Bor

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk memasang baut sds (self drilling screw) pada konstruksi baja ringan. Adapun mata bor yang digunakan bentuknya seperti tabung.

Gunting Metal

Berbeda jika menggunakan konstruksi kayu yang menggunakan gergaji untuk memotong material. Saat menggunakan bahan baja ringan, seorang tukang memerlukan gunting metal. Fungsinya untuk memotong baja ringan sampai dengan ketebalan 1,2 mm.

Harness Tubuh

Keselamatan seorang tukang baja ringan juga penting. Dalam hal ini, penggunaan harness tubuh berfungsi untuk memberikan perlindungan pada tubuh, mencegah tubuh dari cedera akibat jatuh atau terjungkir.

Helm

Tidak ada yang tahu kapan musibah akan terjadi, termasuk yang menimpa kepala. Untuk itu, helm juga diperlukan tukang baja ringan. Fungsinya melindungi kepala pekerja dari risiko benturan karena benda yang terjatuh serta meminimalisir cedera.

Sarung Tangan

Tangan pun perlu dilindungi, misalnya menggunakan sarung tangan. Fungsi alat ini adalah untuk melindungi tangan dari api, suhu panas atau dingin, radiasi, arus listrik, benturan dan pukulan, serta tergores benda kasar atau tajam.

Di samping itu, sarung tangan juga dapat melindungi tangan pekerja dari kontak biologis atau bahan kimia, serta infeksi bakteri maupun virus.

Kacamata

Sebelum cedera pada mata terjadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan kacamata. Alat keselamatan ini sendiri berfungsi sebagai pelindung indera penglihatan dari risiko terpapar benda asing yang berisiko mengganggu penglihatan.

Sepatu Boot

Salah satu Alat Pelindung Diri (ADP) yang perlu digunakan oleh tukang baja ringan professional adalah sepatu boot. Dengan bahan karet yang tidak mudah robek, kaki akan terlindung dari cedera yang bisa terjadi kapan saja.

Masker

Bukan hanya wajib digunakan di era New Normal ini untuk melindungi seseorang dari virus corona. Masker juga akan melindungi sistem pernapasan pekerja dari benda asing yang akan mengganggu kesehatan.

Itulah peralatan tukang baja ringan yang dibutuhkan saat memulai pekerjaan. Tidak hanya untuk mendukung pekerjaan agar hasilnya bagus dan selesai tepat waktu. Alat untuk kenyamanan dan keselamatan tukang pun perlu diperhatikan.