Menu Close

Butuh Berapa Batang Baja Ringan untuk Atap Rumah?

Rangka Atap Baja Ringan

Kebutuhan baja ringan untuk konstruksi bangunan dapat dikatakan cukup tinggi. Melansir dari Jawa Pos, Direktur Industri Logam Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Dini Hanggandari menyebut bahwa dibutuhkan 1,5 juta ton Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) di Indonesia.

Tidak hanya untuk pabrik, gudang, atau bangunan besar lain. Kini perumahan pun menggunakan material baja ringan, termasuk untuk rangka atap.

Meski minat menggunakan material ini semakin meningkat, terkadang banyak orang yang belum mengetahui bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap.

Mengingat hal tersebut akan berhubungan dengan biaya yang perlu dipersiapkan, penting untuk tahu cara menghitungnya seperti ulasan berikut ini.

Data Ukuran Rumah

Sebelumnya, siapkan data panjang dan lebar rumah, overstek, serta derajat kemiringan atap. Sebagai simulasi, contoh penghitungan kebutuhan batang baja ringan ini untuk rumah type 36 dan model atap pelana.

Biasanya, rumah type 36 memiliki panjang 6 meter dan lebar 6 meter. Kita anggap panjang overstek adalah 1 meter. Sementara kemiringannya sekitar 35 derajat. Maka rumusnya adalah sebagai berikut.

Panjang bangunan = panjang rumah + (2 x panjang overstek) = 6 + (2 x 1) = 8 meter

Lebar bangunan = lebar rumah + (2 x panjang overstek) = (6 + (2 x 1) = 8 meter

Derajat kemiringan = Cos 35 = 0,819

Volume Rangka Atap Baja Ringan

Setelah mendapatkan data seperti di atas, kemudian kamu perlu menghitung volume atap dengan cara sebagai berikut.

Rumus volume = (panjang rumah + panjang overstek di kedua sisi) x (lebar rumah + panjang overstek di kedua sisi)/derajat kemiringan atap

Jadi, volume atap baja ringan adalah = (8 x 8)/0,819 = 78 meter kubik

Kebutuhan Kaso dan Reng

Kaso dan reng merupakan bagian penting dari atap baja ringan. Dengan menghitung kebutuhannya, maka akan mempermudah untuk memprediksi dana yang perlu dipersiapkan. Begini cara menghitungnya.

Jumlah Kaso

Cara menghitung kebutuhan kaso baja ringan dapat menggunakan rumus = (volume rangka atap x 4)/6

Berdasarkan simulasi dan data sebelumnya, maka jumlah kaso yang dibutuhkan untuk rumah type 36 adalah = (78 x 4)/6 = 312/6 = 52 batang kaso.

Jumlah Reng

Setelah kebutuhan kaso diketahui, maka kebutuhan reng dapat dihitung. Hal ini karena kaso merupakan dasar untuk memasang reng. Adapun rumus yang digunakan adalah = jumlah kaso x 1.2

Jadi, reng yang diperlukan untuk rumah type 36 seperti simulasi sebelumnya adalah = 52 x 1.2 = 62 batang reng baja ringan.

Itulah cara menghitung berapa banyak batang baja ringan untuk atap rumah. Kesimpulannya, rumah type 36 dengan simulasi panjang 6 meter dan lebar 6 meter membutuhkan 52 batang kaso dan 62 batang reng.