Menu Close

Cara Membuat Kandang Ayam Awet Sampai Puluhan Tahun, Bisnis Anti Rugi!

cara membuat kandang ayam

Tak sedikit orang mencari cara membuat kandang ayam, mengingat peternakan jenis unggas ini semakin diminati.

Seperti kita ketahui, permintaan daging ayam maupun telur terbilang tinggi. Dan hal ini merupakan potensi bisnis yang dapat dikatakan menguntungkan.

Namun, dalam membuat kandang ayam, khususnya untuk skala besar, tak jarang ditemui berbagai kendala. Salah satunya tempat tinggal untuk si unggas tidak bisa bertahan lama.

Sebenarnya bisa saja kandang ayam dibuat dari kayu, bambu atau seng. Tetapi, lagi-lagi semua material tersebut terkadang tidak awet. Bahkan jika menggunakan seng, proses oksidasi penyebab karat mudah terjadi.

Sebagai solusi, penggunaan baja ringan berlapis zinium dapat dilakukan. Zinium sendiri adalah produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif dari PT Sunrise Steel yang memiliki berbagai keunggulan.

Apa keuntungan penggunaan baja ringan berlapis zinium?

Kita tahu, baja ringan memiliki berbagai keunggulan, seperti kokoh, mudah dibentuk, tahan rayap, tahan api, hingga tahan karat. Keuntungan ini pun akan semakin didapat ketika material  tersebut dilapisi Zinium yang memiliki komposisi kimia Aluminium 55%, Zinc 42%-44%, dan Si 1%-1,5%.

Selain itu, terdapat tekstur mozaik berupa potongan segitiga tertata secara acak dengan ukuran dimensi mulai dari 0,5 mm sampai 3 mm pada Zinium.

Hal ini menjadi penanda homogenitas antara unsur Aluminium dan Zinc telah terjadi dengan baik, dan menunjukkan kestabilan kualitas perlindungan terhadap penyebab korosi.

Mengingat baja ringan berlapis Zinium dapat menahan korosi dengan sangat baik, artinya kandang ayam lebih awet.

Lebih lanjut, faktor suhu kandang yang lebih dari normal (lebih dari 28 derajat Celsius) dapat menyebabkan heat stress atau stres panas.

Akibatnya, terjadi penurunan konsumsi ransum yang menyebabkan bobot tubuh ayam menurun. Tentu saja hal ini akan merugikan, terutama bagi yang memelihara ayam boiler.

Dalam hal ini, Zinium sebagai pelapis baja ringan yang mampu memantulkan panas dan cahaya akan membuat kandang lebih sejuk. Risiko terjadinya stres panas pada ayam pun berkurang.

Bagaimana Cara Membuat Kandang Ayam Lebih Awet Lagi?

Kotoran hewan memiliki kandungan amonia tinggi yang menyebabkan korosi pada logam dalam waktu 5 tahun. Pada atap, korosi dipicu dari udara. Pada dinding, penyebabnya kotoran yang menempel pada panel dalam waktu lama.

Untuk meminimalisir masalah ini, pembuatan ventilasi dan melakukan perawatan rutin, termasuk menjaga kebersihan panel dapat Anda lakukan.

Itulah cara membuat kandang ayam supaya awet hingga bertahun-tahun. Dalam hal ini, pemilihan material sangat penting dilakukan. Salah satu yang dapat Anda pilih adalah baja ringan berlapis Zinium yang tahan korosi dan mampu membuat kandang lebih sejuk.