Menu Close

Ciptakan Rumah Tanpa Plafon, Tetap Kekinian dan Bikin Hemat Biaya

Rumah Tanpa Plafon

Konsep rumah tanpa plafon bisa dibilang lebih jarang ditemukan daripada hunian dengan plafon. Terlebih lagi di Indonesia yang merupakan negara tropis, rata-rata rumah menggunakan plafon sebagai pelapis atap.

Memang, dengan adanya plafon, tingginya suhu dari luar bangunan dapat diredam, sehingga hunian lebih sejuk. Selain itu, plafon juga akan membuat ruangan menjadi lebih rapi karena dapat menyembunyikan konstruksi atap, kabel, atau bagian-bagian lain yang tampak berantakan di bagian atap.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, model rumah tanpa plafon juga semakin diminati. Tak sedikit yang mengadopsinyauntuk hunian mereka, dengan menggunakan beragam material bangunan. Salah satunya menggunakan material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS).

Keuntungan Menggunakan BjLAS

ZINIUM
ZINIUM ® (doc. PT Sunrise Steel)

BjLAS merupakan baja lembaran dingin (cold rolled coil) yang dilapisi Aluminium dan Zinc. Berbagai material konstruksi yang dapat diproduksi dari BjLAS, seperti rangka atap, penutup atap, cladding, talang, rangka plafon, hingga floordeck.

Baca juga: Rumah Tumbuh, Solusi Cerdas untuk ‘Cicil’ Bangun Tempat Tinggal Minim Dana

Tak hanya kokoh dan memiliki durability yang baik, penggunaan BjLAS untuk konstruksi juga memiliki keuntungan, seperti:

  • Tahan karat, anti rayap, serta tidak merambatkan api;
  • Ekonomis, karena lebih kokoh sehingga biaya perawatan/renovasi dapat diminimalisir;
  • Dukung kelestarian lingkungan, karena penggunaannya bisa menekan kegiatan illegal logging;
  • Tampilannya estetik.

Aplikasi BjLAS untuk Rumah Tanpa Plafon

Walau aplikasi plafon pada rumah diklaim mereduksi suhu panas dalam ruangan, namun penggunaannya juga sebenarnya dapat menjadi sarang beberapa hewan, contohnya seperti tikus.

Guna mencegah ‘hama’ tersebut merugikan penghuni, mewujudkan rumah tanpa plafon menjadi salah satu solusi dengan inspirasi sebagai berikut.

Aplikasi Dek Lantai

Metal Deck
(dok. Instagram.com @m_squaredph)

Bukan hanya lebih efisien terhadap dana, waktu, serta hemat tulangan dan volume beton. Penggunaan BjLAS untuk dek lantai (floordeck) pun dapat membantu untuk merealisasikan konsep rumah industrial tanpa plafon.

Dengan mengaplikasikan floordeck BjLAS, bagian lantai dua dapat dimanfaatkan untuk bangunan baru, taman, ataupun kebun baru.

Rangka Atap Baja Ringan Tanpa Plafon

Rangka Atap Baja Ringan
(dok. Instagram.com @niceplace.sub)

Jangankan rumah, bangunan komersial seperti cafe pun tampak estetik walau tanpa plafon dan menampilkan rangka atap.

***

Pada dasarnya, penerapan rumah tanpa plafon seharusnya tidak hanya mementingkan estetika. Melainkan juga keselamatan penghuni, mengingat elemen ini berada di bagian atas.

Itulah mengapa, penting untuk mempertimbangkan material yang akan dipakai. Pastikan untuk memilih bahan bangunan yang kualitasnya telah terjamin.

Baca juga: Ikutan ‘Rejeki Toko ZINIUM®’ Bisa Dapat Mercedes Benz? Begini Caranya!

ZINIUM® adalah BjLAS inovatif PT Sunrise Steel yang telah mengantongi label SNI 4096:2007. Material ini memiliki ketahanan korosi yang bagus. Dimana tekstur spangle berupa potongan hexagonal tertata acak dengan ukuran bervariasi pada permukaan ZINIUM® adalah sebagai penanda bahwa homogenitas unsur Aluminium Seng terjadi dengan baik.