Menu Close

Rumah Panggung Modern dengan Material BjLAS, Ciptakan Hunian yang Ramah Lingkungan dan Anti Banjir

Rumah Panggung Modern

Rumah panggung modern bisa dibilang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah lingkungan yang kerap terjadi di Indonesia, yaitu banjir.

Prinsip pembangunannya tak berbeda jauh dengan rumah panggung pada rumah tradisional di beberapa daerah Indonesia. Dimana dasar rumahnya tak menyentuh tanah, dengan tinggi mulai dari 50cm hingga 2 meter.

Artinya, pembangunan rumah panggung akan menambah luas area resapan air hujan. Seperti yang dikatakan Yu Sing, seorang arsitek yang juga peduli terhadap lingkungan, hal ini akan mengurangi beban air banjir di kawasan banjir.

Tampilan Bagian Tengah Rumah Panggung
Tampilan Bagian Tengah Rumah Panggung (Sumber: Instagram @iniyusing)

Sementara pada area yang tidak banjir, pengiriman air permukaan pada kawasan banjir juga dapat dikurangi karena tersedianya area resapan.

Terlepas dari itu, meski prinsip-prinsipnya sama, model rumah panggung modern cenderung lebih simpel dan praktis dari segi penggunaan material.

Terkait hal ini, Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) adalah salah satu material yang dapat digunakan untuk menciptakan rumah panggung.

Penerapan BjLAS pada Rumah Panggung Modern

Rumah Panggung Lenteng Agung
Rumah Panggung Lenteng Agung (Sumber: Instagram @iniyusing)

Kebutuhan BjLAS di dunia konstruksi bangunan semakin meningkat. Bahkan, keberadaannya dapat menjadi jalan keluar dari isu lingkungan berupa penebangan pohon secara liar (illegal logging), yang sebagian digunakan untuk pembangunan.

 Sehingga penerapan material BjLAS pada rumah panggung pun merupakan langkah tepat. Karena akan melengkapi manfaat rumah panggung yang sudah ada yaitu meluasnya area resapan air.

Dalam hal ini, produk BjLAS yang dapat diterapkan pada rumah panggung contohnya adalah floordeck atau dak lantai, penutup dinding , hingga atap.

Dak lantai digunakan sebagai bekisting pengganti multiplek/triplek. Penggunaan material ini bukan hanya akan menghemat besi tulangan. Floordeck pun memungkinkan untuk diekspos, sehingga ruangan tak harus ditambahkan plafon.

Dak Lantai
Floordeck (Sumber: Instagram @iniyusing)

Sementara itu, penutup atap dan atap BjLAS akan juga menguntungkan selain dari segi estetika. Keduanya lebih unggul dari kayu, karena tak mudah lapuk, terserang rayap, tidak merambatkan api, mudah dalam pemasangan, dan lain sebagainya.

***

Pada dasarnya, prinsip rumah panggung modern tak jauh berbeda dengan rumah panggung tradisional. Yaitu tersedianya area resapan air di bawah hunian tipe ini yang akan mencegah terjadinya banjir.

Dengan digunakannya BjLAS pun akan memberi tambahan manfaat bagi rumah panggung, sehingga hunian berkonsep ramah lingkungan semakin terwujud.

Untuk mendiptakan rumah panggung yang estetik dan awet, pemilihan material berkualitas harus dipertimbangkan. Seperti penggunaan ZINIUM®, yaitu material BjLAS inovasi PT Sunrise Steel yang tak hanya memiliki ketahanan karat sangat bagus, tetapi juga telah ber-SNI dan tampak baru lebih lama.