Menu Close

Cara Pasang Dak Lantai Baja Ringan pada Balok Beton Agar Tidak Mudah Ambruk

Dak Lantai Baja Ringan

Seiring berkembangnya zaman, meningkat rumah tidak harus menggunakan material konvensional seperti multiplek untuk membuat dak lantai atau floordeck. Bahan metal seperti baja ringan pun bisa menjadi alternatif terbaik.

Beragam keuntungan juga akan didapatkan ketika menggunakan dak lantai baja ringan, seperti:

  • Mencegah pemborosan material, karena floordeck jenis ini cukup lebar (sekitar 1000mm).
  • Kekuatan pada profil dan komposit yang akan terjamin karena biasanya dak lantai baja ringan memiliki embossment.
  • Lebih hemat beton sampai kurang lebih 0,03 m3/m2.
  • Lebih ekonomis karena dengan menggunakan floordeck ini, pemakaian tulangan hanya satu lapis saja.
  • Pemasangan lebih mudah dan praktis, mengingat bobot material yang cukup ringan.
  • Proses pelaksanaan dalam pembuatan dak lebih efisien terhadap waktu. Sebab, floordeck metal ini tidak perlu dibongkar seperti saat menggunakan bekisting dari multiplek maupun kayu.

Namun di sisi lain, penggunaan dak lantai baja ringan ini terkadang membuat kita bertanya-tanya, apakah aman untuk meningkat rumah, khususnya jika dipasang pada balok beton? Apalagi dalam proses pemasangannya, tulangan yang dipakai hanya satu lapis.

Cara Pasang Floordeck Baja Ringan pada Balok Beton

Meskipun tulangan yang digunakan hanya satu lapis, penggunaan dak lantai dari material baja ringan tetap aman, asalkan menerapkan cara yang tepat.

Terutama jika dipasang pada balok beton, berikut ini adalah cara tepat yang perlu dilakukan.

  • Sebelum floordeck dipasang ke bidang kerja, pastikan End Stop dipasang terlebih dahulu.
  • End Stop dipasang dengan mamasukkannya dengan kedalaman 2,5 cm ke dalam bekisting balok. Kemudian dipasang menggunakan sekrup Wafer Head 10 x 16, dimana pemasangannya satu buah pada masing-masing lembah dan puncak gelombang.
  • Saat pemasangan floordeck pada bidang kerja, gunakan tiang penyangga guna menahan dak lantai tersebut dari beban kerja.
  • Agar kekuatan pada bagian sambungan floordeck bertambah, lakukan penjepitan dengan tang penjepit.
  • Terkahir, setelah beberapa tahap di atas dilakukan, pengecoran untuk bidang lantai dapat dilakukan.

***

Pada dasarnya, pemasangan dak lantai baja ringan pada balok beton akan tetap aman asalkan cara yang dilakukan sesuai prosedur dan tepat.

Selain melakukan cara yang tepat, pemilihan bahan baja ringan dengan mutu dan kualitas terjamin seperti ZINIUM® juga penting.

Memiliki kekuatan Tarik minium G300 (300 Mpa) dan G550 (550 Mpa), membuat ZINIUM® mampi dengan baik dalam menopang beban di atasnya dengan baik. Bahkan, homogenitas unsur Aluminium dan Zinc yang terjadi dengan baik adalah bukti bahwa produk inovatif PT Sunrise Steel ini kualitas lapisan pelindung terhadap korosi sangat stabil.