Menu Close

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Dinding Partisi

Dinding Partisi

Baja ringan bukan hanya bisa digunakan untuk kebutuhan rangka atap rumah saja. Bahkan, bagian interior seperti dinding partisi pun dapat menggunakan material ini.

Dinding partisi dari baja ringan ini menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menyekat ruangan yang terlalu besar menjadi dua atau beberapa bagian.

Berbeda dengan tembok biasa yang sifatnya permanen dan berfungsi sebagai penopang, partisi tidak terlalu signifikan dalam menopang kekuatan seluruh bangunan. Bahkan, komponen ini dapat dipindah jika memang diperlukan.

Penggunaan baja ringan sebagai partisi akan memberikan keuntungan, seperti tidak mudah merambatkan api, tahan karat, serta mudah dipasang.

Selain itu, partisi berbahan baja ringan yang memiliki tegangan tarik tinggi akan membuat dinding sekat mampu menopang material penutupnya dengan baik.

Adapun dalam hal ini, penghitungan kebutuhan baja ringan untuk partisi penting dilakukan agar pengguna dapat memprediksi biaya yang akan dikeluarkan. Seperti cara berikut ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Dinding Partisi Non Struktural

Pertama, ukur bagian ruangan yang akan dipasang dinding partisi sebelum melakukan penghitungan. Contohnya, ruangan dengan tinggi 3 meter akan dipasang partisi seperti ilustrasi gambar di bawah ini.

Ilustrasi Rangka Dinding Partisi
Gambar 1. Ilustrasi Rangka Dinding Partisi

Pada gambar 1, contoh partisi yang digunakan adalah hanya satu sisi saja. Dimana ukuran partisi 3 x 3  meter dengan bagian atas (top plate) dan bawah (bottom plate) menggunakan U Runner baja ringan. Adapun penyangga horizontal disebut nogging dan  penyangga vertikal  adalah stud.

Diketahui, jarak pemasangannya adalah 60cm dengan menggunakan material kanal stud yang standar ketebalannya 0,40-0,65 (non-struktural). Jarak tersebut juga menyesuaikan jenis penutup yang digunakan, misalnya digunakan gypsum yang ukurannya 120x240cm.

Butuh Berapa Batang Baja Ringan untuk Partisi?

Penyekat horizontal (nogging)

Satu batang U Runner memiliki panjang 3 meter. Jadi, dibutuhkan 2 batang U Runner yang digunakan untuk bagian top platedan bottom plate.

  • Rangka stud (vertikal).  Sama seperti U Runner, Kanal Stud memiliki panjang 3m per batang. Seperti Gambar 1, dengan jarak 60cm, maka dibutuhkan 6 batang Kanal Stud jika contoh ukuran partisi 3x3m.
  • Nogging (penyekat horizontal). Sementara nogging dibutuhkan 4 batang kanal seperti yang tertera pada Gambar 1. Hal ini karena bagian top plate dan bottom plate mengunakan 2 batang U Runner.

Berdasarkan contoh perhitungan di atas, maka total kebutuhan baja ringan untuk partisi ukuran 3 x 3 m adalah sebanyak 10 batang Kanal Stud (untuk stud dan nogging) dan 2 batang U Runner(untuk top plate dan bottom plate).

Selain penghitungan yang tepat, pastikan untuk selalu memilih material berkualitas seprerti baja ringan berbahan dan bertanda ZINIUM® yang sudah berlabel SNI serta terdaftar ISO.***