Menu Close

ZINIUM® Bikin Warehouse Jadi Anti ‘PPKM’: Panas, Pudar, Karat, dan Misqueen

ZINIUM

Siapa yang suka bekerja di warehouse atau gudang yang panas? Tapi bagi yang pernah bekerja di gudang, panas yang ekstrem terkadang tidak bisa dihindari.

Gudang yang panas akan merugikan, karena dapat menyebabkan kelelahan, sehingga mengganggu produktivitas pekerja.

Selain itu, gudang yang panas juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kelembapan. Sehingga produk yang tersimpan di dalamnya berisiko mudah rusak.

Terkait hal tersebut, tidak dapat dipungkiri jika masalah panasnya gudang sering dialami di Indonesia sebagai negara tropis. Untuk mengatasinya, sebenarnya bisa saja pemilik warehouse menggunakan AC atau kipas angin sebanyak mungkin.

Tapi, apakah hal tersebut efektif dan efisien jika diterapkan pada gudang dengan ukuran sangat luas? Untuk itu, di sinilah peran ZINIUM® dibutuhkan.

Trik Agar Gudang Tidak ‘PPKM’

Gudang yang terletak di daerah tropis seperti Indonesia tidak akan terhindar dari hawa panas. Hal ini akan bertambah parah kalau ventilasi di dalam ruangan sangat minim.

Seperti diketahui, ventilasi dibutuhkan setiap bangunan karena fungsinya mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya. Selain membuat udara lebih sehat untuk dihirup, pergantian udara tersebut akan menjaga ruang tetap sejuk.

Turbin Ventilator
Turbin Ventilator (Sumber: Cyclone Turbine Ventilator)

Terkait hal tersebut, turbin ventilator akan membantu warehouse lebih sejuk. Sebab, material sejenis exhaust fan atau roof fan ini fungsinya menghisap udara panas, debu, serta sebagai saluran udara.

Pemilihan material untuk atap dan dinding (cladding) pun perlu diperhatikan. Hal ini terkait tingkat efisiensinya ketika diaplikasikan pada gudang yang luas serta pengaruhnya terhadap hawa di dalam ruangan.

Dalam hal ini, penggunaan bahan metal untuk atap maupun dinding adalah salah satu solusi. Sebab, bahan ini bukan hanya mudah didapat. Durability atau daya tahannya pun lebih lama, sehingga tak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena harus sering mengganti material bangunan gudang.

Sementara itu, kita tahu bahwa bahan metal dinilai akan membuat hawa dalam ruangan bertambah panas. Padahal, semua tergantung dari pemilihan jenis material serta adanya sistem ventilasi yang baik, seperti penggunaan turbin ventilator.

Selain ventilasi, setiap gudang pasti memerlukan inslatasi listrik. Terkait hal ini, guna melindungi instalasi tersebut dari kerusakan, penggunaan cable tray adalah solusi terbaik.

Cable tray menjadi alternative wiring/conduit system terbuka. Artinya, bukan hanya memberikan tambahan perlindungan untuk instalasi kabel, juga akan mempermudah dalam pemeliharaan.

Mengingat fungsi cable tray yang begitu krusial, maka pemilihan material juga harus diperhatikan. Bahan metal pun akan menjadi pilihan terbaik, karena dapat melindungi instalasi listrik lebih optimal dan tahan lama.

Bagaimana Cara ZINIUM® Bikin Gudang Anti ‘PPKM’?

ZINIUM
Coil ZINIUM (doc. PT Sunrise Steel)

ZINIUM® merupakan produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) dengan komposisi pelapis berupa Aluminium 55%, Zinc 42%-44%, dan Silicon 1%-1,5% yang selalu menjaga kepercayaan konsumen melalui jaminan mutu dan kualitasnya.

BjLAS inovatif PT Sunrise Steel ini dapat diaplikasikan menjadi beragam produk, termasuk untuk kebutuhan warehouse, seperti turbin ventilator, cable tray, atap, maupun dinding.

Diproses menggunakan material terbaik dan berkualitas, daya tahan ZINIUM® terhadap korosi sangat baik yang ditandai dengan tampilan tekstur mozaik berupa potongan segitiga tertata secara acak.

Ternyata, hal tersebut menjadi penanda bahwa homogenitas unsur Aluminium dan Zinc terjadi dengan baik. Sehingga kualitas lapisan perlindungan terhadap partikel penyebab korosi lebih stabil.

Bukan hanya tahan terhadap korosi, ZINIUM® pun tidak mudah pudar serta berkilau lebih lama. Artinya, tidak perlu biaya tambahan untuk mengganti dengan material baru jika diaplikasikan pada gudang.

Jadi, pada dasarnya memang ZINIUM® sangat mendukung anti “PPKM” untuk warehouse, karena produk ini mampu memantulkan Panas dengan baik, tidak mudah Pudar, tahan Karat, dan anti Misqueen (dapat menekan biaya renovasi).***