Menu Close

Berapa Jarak Reng Baja Ringan untuk Atap Aspal?

Atap Aspal dan Baja Ringan

Penggunaan baja ringan untuk rangka atap semakin populer. Berbagai jenis atap (penutup) dapat dipasangkan dengan material ini. Salah satunya adalah atap aspal atau genteng bitumen.

Meski masih belum setenar atap tanah liat yang memang sudah digunakan sejak dulu, namun genteng bitumen ini mulai dilirik.

Terlebih lagi, atap ini tak hanya indah dan cocok untuk rumah minimalis. Beragam keunggulan seperti bobotnya ringan, mampu meredam suara bising, kuat, lentur, tahan api dan air, serta memiliki usia pakai yang cukup Panjang dimiliki genteng bitumen.

Untuk memasangkan genteng aspal dengan rangka baja ringan, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini, termasuk terkait dengan jarak reng.

Material Baja Ringan untuk Atap Aspal

Dalam satu meter persegi, bobot genteng bitumen bisa mencapai 13 kilogram. Itulah mengapa, pemilihan material baja ringan perlu diperhatikan agar dapat ditopang dengan sempurna dan tidak mudah ambruk.

Idealnya, rangka atap untuk jenis genteng ini menggunakan kanal C dengan tebal TCT 0,75 mm dan reng yang ketebalannya (TCT) 0,45 m dengan Grade 550

Pastikan pula untuk memilih produk yang kualitas serta mutunya telah terjamin seperti baja ringan berbahan dan bertanda ZINIUM®.

ZINIUM® yang merupakan produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ini tidak hanya dilengkapi dengan sertifikat SNI 4096 : 2007 . Jaminan mutu produk melalui standart mutu internasional ISO 9001:2015 pun dimiliki produk inovatif PT. Sunrise Steel ini.

Bahkan, garansi dan Mill Certificate untuk ZINIUM® telah diterbitkan PT. Sunrise Steel sebagai jaminan dari material source yang jelas dan quality assurance untuk kualitas/grade material, spesifikasi teknis, uji material, dan properti mekanis lainnya.

Jarak Reng Baja Ringan untuk Genteng Bitumen

Ada beberapa standar yang perlu diterapkan sebelum memasang genteng aspal. Salah satunya adalah menggunakan multiplek untuk menopang beban material atap.

Selain itu, jarak kuda kuda atap baja ringan untuk genteng aspal maksimal adalah 1,2 meter. Hal ini bertujuan agar beban genteng bisa ditahan oleh rangka atap. Semakin dekat jaraknya, maka semakin kuat pula dalam menopang beban.

Jarak reng baja ringan untuk atap aspal pun perlu dipertimbangkan. Idealnya, maksimal adalah 40,5cm jika menggunakan multiplek setebal 9mm. Sedangkan jika menggunakan Papan Semen setebal 10mm, jarak reng bisa dibuat lebih renggang, yaitu maksimal 60cm.

***

Pada dasarnya, pemberian jarak reng baja ringan untuk atap aspal perlu memenuhi standar agar tidak terjadi lendutan.

Penggunaan material baja ringan berkualitas yang sudah terjamin melalui sertifikat SNI hingga dilengkapi dengan garansi seperti ZINIUM® pun perlu dipertimbangkan.