Menu Close

Wujudkan Kebun Sayur Rumahan di Atas Atap dengan ZINIUM

Kebun Sayur Rumahan

Kebun sayur rumahan tak hanya bisa diciptakan dengan memanfaatkan area belakang, samping, atau depan hunian. Atap tempat tinggal pun dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman, khususnya bagi mereka yang terkendala oleh keterbatasan lahan.

Populer juga dengan sebutan rooftop garden, tren taman atap ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 80-an. Tujuannya untuk mengurangi krisis ruang terbuka hijau, terutama di lahan terbatas seperti kawasan perkotaan.

Tak hanya membantu menyuplai kebutuhan pangan bagi keluarga. Adanya tren kebun di atas atap ini pun memberi manfaat positif. Contohnya seperti mengurangi efek radiasi panas matahari, menurunkan suhu, mengurangi tingkat polusi udara, mengurangi kebisingan, hingga menampung air hujan.

Menariknya lagi, baja ringan pun dapat dilibatkan menjadi material untuk mewujudkan kebun sayur sederhana di atas atap.

Bagaimana Ciptakan Kebun Sayur Rumahan di Atas Atap dengan ZINIUM?

Pembuatan kebun di atas atap rumah tidak memerlukan struktur rumit yang membebani atap. Penggunaan batu apung yang bobotnya ringan atau menerapkan sistem hidroponik dapat dilakukan.

Pemilihan tanaman pun perlu diperhatikan. Pastikan untuk memilih sayuran yang mampu tahan terhadap terpaan sinar matahari secara optimal.

Sementara itu, peran ZINIUM yang merupakan Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) adalah sebagai material dak lantai (floordeck), pembatas antara lantai atas dan bawah.

Biasanya, elemen yang dikenal pula dengan nama bondek ini berbentuk gelombang dan memiliki tonjolan (embossement) yang berguna untuk untuk mencegah pergeseran beton hingga meminimalisir risiko retak rambut.

Lebih menguntungkan dari penggunaan kayu, fungsi dari floordeck berbahan ZINIUM ini beragam, yaitu sebagai bekisting, tulangan positif, lantai kerja, sekaligus plafon.

Tips Bercocok Tanam di Atas Atap Rumah

Sebelum memanfaatkan atap rumah sebagai lahan tanaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hunian aman dari kebocoran atau masalah lain, di antaranya adalah:

  • Struktur Atap

Pertama, pastikan bahwa struktur penopang dak lantai kuat, sehingga dapat menahan beban dari dak itu sendiri, media, tanaman, serta manusia.

Dak Lantai Baja Ringan
Ilustrasi Floor Deck ZINIUM (Sumber: Tata Steel in Europe)

Pemilihan material floordeck berkualitas pun perlu diperhatikan. Seperti ZINIUM yang tidak hanya memiliki kekuatan luluh maksimumnya dari 300 Mpa (G300) dan 550 Mpa (G550). Tetapi ketahanannya terhadap korosinya pun lebih baik, yang ditandai dengan tekstur mozaik berupa potongan segitiga tertata acak dengan ukuran dimensi mulai dari 0,5 mm hingga 3 mm.

Adapun tanda tersebut menjadi penanda homogenitas unsure Aluminium dan Zinc yang terjadi dengan baik. Sehingga kualitas lapisan perlindungan terhadap berbagai partikel penyebab korosi lebih stabil

  • Waterproofing

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah lapisan waterproofing, terutama pada atap dengan dak beton.

Supaya waterproofing tidak mudah rusak karena hujan atau terpaan sinar matahari yang cukup masif, lapisan screeding (plesteran semen) setebal 2 hingga 3 cm dapat digunakan.

  • Sistem Drainase

Tak kalah penting untuk mewujudkan kebun sayur rumahan di atas atap adalah membuat sistem drainase.

Guna menciptakan drainase yang baik adalah dengan memberi kemiringan pada dak beton. Adapun sudut kemiringan yang disarankan adalah antara 1-2 derajat.

***

Pada dasarnya, kebun sayur rumahan di atas atap dapat menjadi solusi dari keterbatasan lahan. Untuk menciptakannya, baja ringan dapat dimanfaatkan, terutama sebagai material dak lantai.

Pastikan untuk memilih material floordeck seperti ZINIUM yang kualitasnya terjamin dan dilengkapi dengan label SNI.