Menu Close

Mengenal Standardisasi Struktur Atap Gudang Agar Awet Hingga Puluhan Tahun

struktur atap gudang

Struktur atap gudang bisa dikatakan cukup spesial jika dibandingkan dengan atap rumah. Bukan cuma karena perbedaan bentang yang digunakan, dimana atap gudang cenderung memerlukan bentang lebar. Tetapi hal ini juga mengingat area pergudangan yang biasanya terletak di wilayah industri dengan tingkat korosi menengah sampai tinggi.

Itulah mengapa, standardisasi struktur atap gudang seperti ulasan berikut ini perlu diperhatikan agar lebih tahan lama, sehingga renovasi tidak sering dilakukan.

Material Dudukan Gording

Umumnya, standar struktur atap untuk gudang atau pun pabrik mengugnakan portal atau rafter (Wide Flange) sebagai dudukan gording.

Perlu diketahui, Wide Flange (WF) merupakan salah satu jenis besi yang sering digunakan untuk rangka besi dari bangunan supaya lebih kokoh dan awet.

Ukuran Gording

Pada struktur atap, gording adalah salah satu konstruksi penting yang letaknya di atas kuda-kuda dan berfungsi sebagai penopang atap.

Untuk gording pada atap gudang, ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dana yang tersedia, serta material atap yang digunakan.

Material Atap (Penutup)

Pemilihan material atap (penutup) yang mutu dan kualitasnya baik adalah hal penting. Dalam hal ini, atap berbahan ZINIUM SHAPPIRE adalah pilihan tepat.

Sebab Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif dari PT. Sunrise Steel ini menggunakan kualitas AZ-150 berdasarkan SNI Grade. Artinya, garansi ketebalan coating (tahan karat) adalah 150 gram/m2. Dimana dengan ketebalan coating tersebut, perlindungan garansi yang diberikan hingga 15-20 tahun.

Sesuai dengan SNI 4096 : 2007, garansi atas corrosion performance dari lapisan Aluminium/Seng akan diberikan dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut.

  • Material terpasang di lingkungan normal dengan kadar keasaman/basa normal (ph 7).
  • Jarak lebih dari atau sama dengan 300 meter dari garis pantai yang memiliki gelombang tinggi (breaking surf).
  • Produk jadi sudah terpasang maksimal 1 bulan di area lingkungan yang normal.
  • Untuk coil, maksimal 1 tahun dari tanggal pengiriman dengan kondisi coil masih tertutup packaging dengan baik.
  • Waktu penyimpanan maksimal 3 bulan setelah barang diproduksi, dengan syarat tempat untuk menyimpan tertutup atap dan dinding serta memiliki sirkulasi baik di lingkungan normal.

Namun, garansi tersebut tidak berlaku, khususnya untuk area pergudangan yang digunakan untuk penyimpanan tembakau, pupuk, dan atau bahan kimia lainnya.

Ikatan Angin (Bracing)

Bracing adalah pengaku-pengaku yang diperlukan agar seluruh kuda-kuda bisa bekerja sebagai satu sistem rangka atap.

Pada atap gudang, bracing menggunakan besi beton SNI dengan ketebalan standar sekitar Ø16 mm. Fungsinya untuk mengunci antar rafter, sehingga struktur atap lebih kuat.

Trekstang

Menggunakan besi beton SNI dengan ketebalan Ø12 mm, fungsi dari jaruman ini sebagai pengunci antar gording agar strukturnya tetap kokoh dan tidak berubah.

***

Pada dasarnya, standardisasi struktur atap gudang diperlukan, mengingat jenis bangunan ini berbeda dari rumah. Pemilihan material untuk dudukan gording, ukuran gording, bahan atap, bracing, hingga jaruman adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk atap gudang.