Menu Close

Ciptakan Fasad Rumah Industrial dari Bahan Metal

Fasad Rumah Industrial

Fasad rumah industrial belakangan ini menjadi populer. Konsepnya yang cukup unik, dan sering kali menampilkan kesan unfinished atau seolah belum selesai, membuatnya semakin diminati.

Selain kesan unfinished, agar nuansa industrial semakin kental, pemilihan material pun perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah bahan metal seperti lembaran yang sering digunakan.

Umumnya memang bahan meral lembaran digunakan untuk atap. Namun, belakangan jenis produk ini juga dimanfaatkan untuk dinding, termasuk pada bagian luar. Sehingga cocok jika diaplikasikan untuk menciptakan kesan industrial.

Keuntungan Bahan Metal untuk Fasad Rumah Industrial

Dengan menggunakan material metal pada dinding luar rumah, ada beberapa keuntungan yang didapat, yaitu:

  • Proses pemasangan yang lebih singkat. Hal ini mengingat ukuran material metal digunakan lebih lebar. Sehingga jangkauan area yang ditutup lebih luas, dibandingkan saat memanfaatkan batu bata yang ukuran dimensinya lebih kecil.
  • Proses pengerjaan lebih mudah, karena hanya memerlukan sedikit tenaga kerja.
  • Material kokoh dan ringan, karena terbuat dari paduan Aluminium, Seng, dan Silikon.
  • Fleksibel dan mampu dibentuk sesuai dengan bentuk dinding.
  • Dinding dari bahan metal untuk eksterior juga tahan korosi, bahkan dapat bertahan hingga puluhan tahun.
  • Proses penggantian dan perbaikan lebih mudah dan cepat apabila terdapat keruskan. Berbeda Ketika menggunakan batu bata, dimana harus dilakukan pembongkaran secara total.
  • Harga relatif terjangkau untuk sekelas material kokoh dan tahan lama tersebut.

Cara Memilih Material Metal yang Bagus

Seperti kita tahu, fasad rumah merupakan tampilan tampak depan dari sebuah hunian. Artinya, selain keindahan, pemilihan bahan metal yang akan digunakan juga penting untuk diperhatikan. Adapun cara untuk memilihnya adalah sebagai berikut.

Tebal dan Massa Lapisan Penahan Karat

Ketebalan akan memengaruhi kekokohan dan tingkat keawetan dari bahan metal. Dalam hal ini, pastikan material memiliki ketebalan ketebalan baja dasar/ Base Metal Thickness (BMT) andara 0,20-0,45mm.

Sedangkan untuk coating atau massa lapisan Aluminium Seng setidaknya AS70. Cek produk apakah sudah memiliki label SNI 4096 ; 2007 (SNI material / SNI standar produk BjLAS [Baja Lapis Aluminium Seng]).

Sistem Tumpangan (Overlapping)

Dengan adanya overlapping yang saling mengunci dengan sempurna, bahan metal yang diaplikasikan pada dinding terpasang dengan tanpa celah.

Sistem tumpangan tersebut juga akan mendukung keamanan dan kenyamanan bagi penghuni, karena material terpasang dengan rapat.

Pilih BjLAS berkualitas

BjLAS atau Baja Lapis Aluminium Seng merupakan baja lembaran atau gulungan yang dilapisi dengan paduan Aluminium (50-60%) dan unsur lain hingga ketebalan 0,20-1,20mm.

Salah satu produk BjLAS yang mutu dan kualitasnya sudah terjamin adalah ZINIUM. Inovatif dari PT. Sunrise Steel ini memiliki ketahanan terhadap korosi sangat baik. Bahkan, dapat berkilau lebih lama dan tidak cepat kusam.

***

Pada dasarnya, untuk menonjolkan fasad rumah industrial yang kental, pemilihan material juga perlu dipertimbangkan. Dalam hal ini, bahan metal ZINIUM adalah pilihan tepat.

Sebab, produk BjLAS ini bukan hanya memiliki ketahanan terhadap korosi yang lebih baik serta tampak baru lebih lama. Mutu dan kualitasnya pun terjamin melalui label SNI serta telah dilengkapi dengan garansi.