Menu Close

Cara Memilih Baja Ringan yang Bagus untuk Kanopi

Kanopi Baja Ringan

Kanopi bisa dibilang menjadi salah satu bagian penting rumah atau pun bangunan di masa kini. Terlebih lagi karena beragam fungsi yang dimilikinya. Seperti memberikan perlindungan terhadap panas maupun hujan, membantu untuk menghemat listrik, hingga memperindah fasad rumah.

Mengingat fungsinya yang cukup vital, maka pemilihan material untuk kanopi perlu diperhatikan. Saat ini, baja ringan banyak dipilih masyarakat untuk pembuatan kanopi rumah mereka.

Lantas, terkait hal tersebut, apakah semua baja ringan berkualitas? Bagaimana pula cara memilih baja ringan yang bagus untuk kanopi? Berikut ulasannya.

Massa Lapisan Tahan Karat

Massa lapisan pelindung karat (coating) pada baja ringan yang bagus memiliki kandungan Aluminium Zinc (AZ). Semakin tebal massa lapisannya, maka ketahanan terhadap karat pun lebih lama.

Meski begitu, ketahanan dari baja ringan juga dipengaruhi oleh lokasi dan fungsi bangunan. Jadi, jika lokasi berada di area dengan tingkat korosi tinggi seperti dekat pantai atau wilayah industri, untuk baja ringan AZ 150 ketahanannya berkurang, daripada saat berada di kondisi lingkungan normal.

Ketebalan Baja Ringan

Pilihlah baja ringan dengan ketebalan sesuai dengan standar SNI dengan ketentuan tertulis SNI 8399:2017 (SNI produk).

Di samping itu, jika diukur dengan alat ukur mikrometer yang mampu mengukur ketebalan di bawah 1 milimeter, hasilnya sesuai.

Tegangan Tarikan

Kita tahu bahwa secara fungsi, kanopi hampir sama seperti atap. Untuk itu, setidaknya jenis rangka baja ringan untuk kanopi yang dipilih harus memenuhi standar G550.

Artinya, material baja ringan memiliki nilai tegangan tarikan minimal 550 Mpa, sehingga akan lebih kokoh alam menopang beban.

SNI dan Garansi

Selain SNI produk, cek kode printing bertuliskan SNI 4096:2007 (SNI material / SNI standar produk Baja Lapis Aluminium Seng [BjLAS]). Karena hal tersebut berkaitan dengan terjaminnya massa lapisan pelindung karat.

Garansi produk pun perlu diperhatikan untuk menjamin kualitas baja ringan. Dengan adanya garansi, konsumen pun akan terhindar dari kerugian apabila terjadi kerusakan atau hal lainnya.

***

Pada intinya, pemilihan baja ringan yang bagus untuk kanopi perlu dilakukan. Hal ini mengingat fungsi kanopi yang cukup penting.

Massa lapisan tahan karat, ketebalan, tegangan tarikan, serta adanya SNI dan garansi adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli baja ringan.

Dalam hal ini, baja ringan bertanda dan berbahan ZINIUM memiliki beberapa kriteria tersebut. Artinya, produk inovatif dari PT. Sunrise Steel ini ideal untuk kanopi dan bahkan kebutuhan material bangunan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *