Menu Close

Kenapa Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Lebih Cepat Daripada Kayu?

Rangka Atap Baja Ringan

Fenomena masifnya pemakaian rangka atap baja ringan di kalangan masyarakat bisa dibilang menjadi bukti bahwa popularitas kayu tidak seperti dulu.

Salah satu alasan kenapa baja ringan banyak disukai adalah waktu perangkaiannya lebih cepat dibandingkan dengan kayu.

Seperti kita tahu, dulu untuk proses pemasangan rangka kayu, waktu yang diperlukan bisa sampai 2 minggu. Itu pun hanya untuk merangkai rangka atap saja, belum termasuk genteng, karpus, hingga lisplang.

Sementara jika menggunakan baja ringan, waktu yang digunakan untuk pengerjaannya akan lebih efisien. Setidaknya butuh waktu 2 sampai 3 hari untuk membuat konstruksi atap untuk rumah dengan luas sekitar 40m2. Genteng dan segala elemen atap pun dapat dipasang sehari setelahnya.

Beradasarkan ulasan tersebut, sebenarnya apa saja faktor-faktor yang membuat pemasangan rangka atap baja ringan cenderung cepat?

Perakitan yang Cepat

Proses perakitan material baja ringan terbilang cepat, sehingga pemasangan atap pun tidak memakan waktu lama.

Bobot baja ringan yang hanya sekitar 50% lebih rendah dari kayu membuatnya mudah diangkut dan dipindah. Sehingga proses perakitan akan lebih efisien tenaga serta waktu.

Proses Pemotongan Baja Ringan

Selain itu, material ini pun mudah dipotong dan dirangkai. Menariknya, tukang baja ringan dapat memotong bahan hanya dengan menggunakan gunting khusus.

Alat tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memotong bagian-bagian yang sulit dijangkau ketika menggunakan gergaji. Prosesnya pun sangat singkat serta mampu menghasilkan potongan yang rapi.

Gambar Kerja

Faktor lain yang dapat mempercepat proses perakitan setiap barang baja ringan menjadi rangka atap karena adanya gambar kerja.

Berdasarkan gambar kerja ini, biasanya para aplikator baja ringan membuat mal (marking) kuda-kuda. Selanjutnya berdasarkan mal, kuda-kuda lainnya dibuat.

Tentu saja, hal tersebut juga akan membantu untuk mengefisienkan waktu dalam pemasangan rangka atap baja ringan dibandingkan dengan kayu.

Sekrup Khusus

Seft drilling screw, sekrup standar untuk pemasangan baja ringan merupakan salah satu komponen lain yang mempercepat perakitan rangka.

Pemasangannya yang menggunakan mesin bor, membuat sekrup ini mampu mengikat masing-masing bagian dalam hitungan 1 sampai 2 detik untuk setiap titiknya.

***

Pada dasarnya, pemasangan rangka atap baja ringan lebih cepat dibandingkan dengan kayu karena beberapa faktor, seperti bobot material, proses pemotongan bahan, adanya gambar kerja, hingga sekrup khusus.

Meskipun perakitannya cepat, tidak ada artinya jika kualitas material yang kurang terjamin, sehingga meningkatkan risiko atap ambruk. Untuk itu, pastikan untuk selalu menggunakan baja ringan berbahan dan bertanda ZINIUM yang mutu dan kualitasnya terjamin melalui label SNI dan garansi produk yang dimiliki.