Menu Close

Jangan Salah, Begini Cara Membuat Taman di Atas Atap yang Benar

Taman di Atas Atap

Keterbatasan lahan bukan halangan untuk menciptakan hunian estetik, seperti dengan menambahkan taman atau elemen lain.

Karena seiring dengan perkembangan dunia konstruksi, tidak harus di lahan depan atau belakang rumah. Taman di atas atap pun bisa dibuat.

Namun sebelum mengaplikasikannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan. Apa saja itu?

Penambahan Lapisan

Sebelum membuat taman, pastikan terlebih dahulu bahwa rumahmu menerapkan tipe atap datar.

Kemudian untuk membuat taman di atas atap atau rooftop garden seperti ketika menanam tanaman di atas lahan biasa, tidak bisa langsung menambah tanah, kemudian melakukan penanaman.

Melainkan harus menambah lapisan waterproofing pada lantai. Tujuannya supaya air tidak mudah rembes ke dalam rumah serta atap bisa lebih kedap.

Selain itu, guna menjaga kekokohan lantai dasar pada taman, penambahan lapisan semen juga perlu dilakukan.

Pengoptimalan Saluran Air

Bukan hanya menggunakan pelapis waterproof saat ingin menggunkan sebagian dak beton sebagai alas taman, misalnya ketika akan menanam rumput di atap.

Pembuatan dan pengoptimalan saluran air juga perlu dilakukan. Sebaiknya minta bantuan ahli untuk membuatnya. Sebagai catatan, saluran air tersebut tidak hanya untuk air hujan yang akan jatuh ke taman, tetapi juga untuk menyiram tanaman.

Perlukah Menggunakan Kanopi?

Perlu atau tidaknya kanopi, sebenarnya tergantung dari konsep taman yang diinginkan. Namun, mengaplikasikan elemen ini cukup menguntungkan.

Karena selain sebagai peneduh, kanopi pada taman di atas atap juga membuat rooftop garden lebih bervariasi. Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat jemuran.

Jika memang ingin membuat kanopi, pilih material yang kokoh, kualitas terjamin, dan cocok untuk cuaca ekstrem, mengingat letaknya di bangunan paling atas.

Dalam hal ini, baja ringan berbahan dan bertanda Zinium adalah solusinya. Sebab material ini kualitas dan mutunya telah terjamin melalui garansi serta label SNI.

Jadi bagaimana, tertarik untuk membuat taman di atas atap? Selain tanaman, penambahan kanopi berbahan baja ringan juga dapat dipertimbangkan agar taman lebih teduh dan bervariasi.