Menu Close

Bagaimana Cara Aman Instalasi Listrik Atap Baja Ringan?

Cara Instalasi Listrik Atap Baja Ringan

Penggunaan atap baja ringan dalam beberapa tahun belakangan ini memang tengah populer. Memang, jika dibandingkan dengan kayu, material ini memiliki banyak keunggulan. Seperti tahan karat, anti rayap, kokoh, hemat biaya perawatan, tegangan tariknya bagus, dan lain sebagainya.

Namun, sering kali ada rasa khawatir ketika menggunakan baja ringan untuk atap, yaitu terkait listrik. Sebab, jika instalasi listrik tidak dilakukan dengan benar, risiko tersetrum lebih memungkinkan untuk terjadi. Terlebih lagi, kita tahu bahwa baja ringan adalah konduktor atau dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Mengingat keselamatan jiwa adalah prioritas, ada baiknya untuk mengetahui beberapa cara instalasi listrik atap baja ringan agar tidak tersetrum, di antaranya sebagai berikut.

Peletakan Instalasi

Supaya tidak tersetrum, pasang instalasi listrik di tempat aman dan tidak bersentuhan langsung dengan rangka baja ringan.

Misalnya dengan menempelkannya pada dinding. Namun, jika terpaksa meletakkannya pada logam, lebih baik buat posisinya menggantung.

Kualitas Material

Pemilihan material untuk instalasi listrik juga perlu diperhatikan. Gunakan kabel yang memiliki pembungkus kualitas baik.

Tujuannya agar terhindar dari gigitan hewan pengerat seperti tikus, sehingga kabel tetap aman. Risiko tersengat listrik pun dapat dihindari.

Penggunaan Pipa Conduit dan T Dus

Cara instalasi listrik atap baja ringan agar tidak mudah tersetrum selanjutnya adalah dengan menggunakan pipa conduit untuk membungkus semua cabel.

Umumnya, pipa conduit berupa pipa PVC jenis high impact yang fungsinya untuk melindungi instalasi listrik. Dengan menggunakan material ini, risiko kabel terkelupas akan terhindar, sehingga tidak langsung menyentuh baja ringan yang bersifat konduktor.

Selain pipa conduit, penggunaan t dus juga diperlukan untuk membungkus kabel, terutama pada bagian sambungan. Tujuannya agar sambungan kabel yang terbuka tidak meningkatkan risiko terjadinya sengatan listrik.

Penggunaan Kabel Tray

Pilihan selain pipa conduit adalah menggunakan kabel tray logam yang biasanya berbentuk batang dengan panjang sekitar 3 meter atau 2,4 meter.

Fungsi utamanya adalah sebagai jalur permanen rangkaian kabel dan pelindung pasif. Keberadaan kabel tray akan mempermudah dalam pemeliharaan kabel.

Mengingat kabel tray terbuat dari logam, contohnya seperti Zinium yang merupakan produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif PT. Sunrise Steel, banyak keunggulan yang didapat. Yaitu menghindari benturan pada sistem kabel, tahan api, melindungi dari debu, mencegah gigigan tikus, dan masih banyak lagi.

Matikan Aliran Listrik

Sebelum melakukan proses instalasi, hal paling penting dilakukan adalah mematikan aliran listrik terlebih dahulu untuk mengurangi risiko tersetrum.

Lepaskan sekering atau MBC jika perlu. Tetaplah waspada saat pengerjaan dan selalu pastikan tidak ada kabel yang tersentuh baja.

Pada dasarnya, baja ringan memang dapat menghantarkan listrik. Namun, risiko tersengat listrik sebenarnya bukan hanya terjadi karena materialnya saja. Tetapi juga dapat terjadi akibat pemasangan instalasi listrik yang kurang tepat.

Itulah mengapa, dibutuhkan beberapa cara instalasi listrik atap baja ringan yang tepat, mulai dari segi peletakan instalasi hingga penggunaan material pendukung lainnya.