Menu Close

Dinding Partisi Baja Ringan, Apa Keunggulannya?

Dinding Partisi

Dinding partisi dapat dikatakan menjadi alternatif terbaik untuk menyekat ruangan yang terlalu besar menjadi dua atau beberapa bagian. Lantas, apa bedanya dengan tembok biasa?

Pada dasarnya, baik tembok biasa maupun partisi digunakan sebagai penyekat ruang. Namun, tembok sifatnya permanen dan memiliki fungsi struktural sebagai penopang.

Sementara partisi tidak terlalu signifikan dalam menopang kekuatan seluruh bangunan. Sifatnya pun lebih fleksibel (dapat dipindah)dan bisa untuk mempermanis ruangan.

Ada beragam material yang dapat digunakan untuk partisi. Salah satunya adalah gypsum dengan rangka baja ringan.

Dalam hal ini, baja ringan sebagai rangka dinding partisi memiliki beragam keunggulan, yaitu sebagai berikut.

Tahan Api

Salah satu keunggulan dari baja ringan adalah tahan api. Sistem proteksi khusus yang dimiliki material ini membuat penyebaran api menjadi terhambat.

Karena kelebihan ini, baja ringan juga akan bermanfaat untuk bangunan yang berdiri di daerah rawan badai tinggi, dimana aktivitas seismik dan konsetling pun tinggi. Seperti diketahui, keduanya merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko kebakaran.

Tahan Karat

Terutama baja ringan yang terbuat dari Zinium, ketahanannya terhadap karat sangat baik. Karena komposisi bahan baja ringan tersebut terdiri dari Aluminium 55%, Zinc 42-44%, dan Silikon 1-1,5%.

Karena ketahanannya terhadap karat, artinya baja ringan sebagai rangka partisi akan lebih aman dan tahan lama. Tambahan dana untuk mengganti partisi pun dapat diminalisir, karena renovasi bangunan kemungkinan dapat dilakukan dalam jangka waktu sampai puluhan tahun.

Mudah Dipasang

Sebagai material yang ringan namun kokoh, tentu hal ini akan menguntungkan karena proses pengangkutannya akan lebih mudah.

Di samping itu, baja ringan juga akan memudahkan tukang bangunan dalam proses pemasangannya. Karena hal ini pula, pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih cepat.

Tegangan Tarik yang Tinggi

Tegangan tarik atau keuletan yang tinggi seperti baja ringan berkualitas membuat beban yang ditopang dapat lebih banyak.

Mengingat adanya kekuatan tarik tersebut, artinya baja ringan sebagai dinding partisi mampu menopang penutup partisi dengan baik.

Itulah beberapa keunggulan dinding partisi dengan material baja ringan sebagai rangkanya. Meski tidak menopang struktur bangunan secara signifikan, namun kekuatan bahan tetap diperlukan.

Terkait hal ini, pemilihan baja ringan dengan bahan berkualitas seperti Zinium diperlukan. Terlebih lagi bahan baja ringan ini memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah ketahanannya terhadap korosi yang sangat baik, sehingga akan lebih tahan lama.