Menu Close

Turbin Ventilator, Solusi Cerdas Rumah Bebas Pengap

Turbin Ventilator

Istilah turbin ventilator mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun tidak bagi mereka yang terlibat di dunia konstruksi.

Alat ini bentuknya seperti kubah dengan sirip  melingkar dan biasanya diletakkan di atap rumah atau bangunan. Fungsi turbin ventilator sendiri sebenarnya sama seperti exhaust fan dan roof fan, yaitu membantu proses sirkulasi udara.

Cara Kerja Turbin Ventilator

Tanpa memerlukan tenaga listrik, alat ini bekerja dengan cara menghisap debu, panas, maupun asap dalam ruangan dan di bawah keluar.

Turbin hanya akan bekerja ketika ada hembusan angin. Bahkan walau lemah sekalipun. Sementara saat angin bertiup kencang, alat ini masih dapat menahannya.

Turbin pun tidak akan berputar untuk menghisap udara panas dalam ruangan karena memiliki prinsip thermosiphon, yaitu berputar berdasarkan tekanan dan aliran udara panas di dalam rumah.

Apakah Turbin Ventilator Bocor Ketika Hujan?

Ketika hujan turun, turbin tetap bekerja. Tidak perlu khawatir juga terjadi kebocoran. Karena alat ini dirancang sedemikian rupa agar air tidak masuk ke dalam rumah.

Turbin yang dibuat dari bahan Zinium juga akan lebih tahan korosi. Sehingga selama bertahun-tahun dapat digunakan. Tidak ada cerita terjadi kebocoran karena ventilasi ini berlubang akibat korosi.

Zinium yang merupakan produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif dari PT Sunrise Steel memang memiliki banyak keunggulan. Seperti ketahannya yang sangat baik terhadap korosi.

Sebab, tingkat homogenitas unsur Aluminium dan Zinc pada Zinium snagat baik. Hal ini ditandai dengan tampilan tekstur mozaik berupa potongan segitiga tertata acak dengan ukuran mulai 0,5 mm sampai 3 mm.

Kegunaan Turbin Ventilator untuk Rumah

Tidak hanya untuk pabrik ataupun gudang. Turbin ventilator pun dapat diaplikasikan pada rumah. Banyak manfaat yang akan didapat ketika alat ini diterapkan di tempat tinggal, seperti:

Cegah Pengap

Udara panas dan pengap sering kali juga akan megganggu kesehatan tubuh. Itulah mengapa, ventilasi udara di dalam rumah harus ada.

Seperti turbin ventilator yang akan membuat masalah udara dalam hunian teratasi. Bahkan kelembaban rumah pun akan terjaga.

Ramah Lingkungan

Alat ini dapat dikatakan ramah lingkungan karena bahan pembuatnya sepert Zinium. Seperti dijelaskan sebelumnya, material ini sangat tahan terhadap korosi. Lebih dari itu, Zinium juga kuat dari berbagai cuaca maupun suhu udara.

Hemat Biaya

Karena tidak menggunakan inslatasi listrik, tentu saja turbin ini hemat biaya dan energi. Selama 24 jam, alat ini pun akan bekerja secara maksimal.

Namun, di awal kamu memang harus menyediakan dana untuk membeli alat ini dan membayar jasa untuk pemasangannya.

Pada dasarnya, turbin ventilator tidak hanya bisa digunakan untuk pabrik besar ataupun pergudangan. Alat ini pun dapat dipasang di rumah.

Banyak keuntungan yang akan didapat ketika mengaplikasikan alat ini di rumah. Yaitu mengatasi masalah udara, mampu menghemat biaya, hingga ramah lingkungan karena material terpilih seperti Zinium.