Menu Close

Desain Garasi Bawah Rumah, Solusi Cerdas Atasi Keterbatasan Lahan

Inspirasi Garasi Bawah Rumah

Garasi bawah rumah bisa dibilang menjadi salah satu solusi masalah keterbatasan lahan. Karena seperti diketahui, saat ini kendaraan bermotor seolah sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang.

Bahkan tingginya mobilitas masyarakat, sering kali membuat setiap keluarga memiliki kendaraan lebih dari satu. Walau dianggap wajar, sayangnya tingginya jumlah kendaraan tidak sejalan dengan luas lahan yang kini tersedia. Pembuatan garasi pun menjadi sulit.

Itulah mengapa, pembuatan garasi di bawah rumah menjadi salah satu solusi dari kendala tersebut. Berikut inspirasi pembuatan model garasi yang memungkinkan untuk dibuat di Indonesia.

Inspirasi Garasi Bawah Rumah

Rumah Panggung Tiga Lantai

Industrial Look
Industrial Look (dok. ArchDaily Momo Kitagawa)

Karya arsitek Archidance yang mengusung konsep rumah panggung ini dilengkapi dengan garasi di bagian bawah bangunan.

Bukan hanya menjadi solusi dari keterbatasan lahan. Inspirasi rumah dengan garasi bawah tanah ini pun cocok diterapkan di area lahan miring.

Baca juga: Pakai ZINIUM® Juara Titanium, Ciptakan Hunian Nuansa Hitam Elegan dan Minimalis

Rumah Gaya Jepang

Rumah Gaya Jepang
Rumah Gaya Jepang (dok. ArchDaily Nao Takahashi)

Arsitek DOG menciptakan karya berupa rumah panggung dengan lantai pertama yang semi-publik, sedangkan lantai dua lebih pribadi.

Garasi mobil tepat berada di bawah rumah. Tidak seperti inspirasi pertama yang dipadukan dengan tipe atap datar. Hunian bergaya Jepang ini diciptakan dengan model atap pelana.

Minimalist Look

Minimalist Look
Minimalist Look (dok. ArchDaily Rafael Gamo)

Lahan miring bukan jadi halangan untuk mewujudkan rumah minimalis impian seperti karya Arsitek JSa yang berlokasi di Santa Fe, Mexico City ini.

Guna menyiasati lahan terbatas, pembuatan garasi mobil juga berada di bawah rumah, sehingga tampilannya tak menggangu fasad bangunan lainnya.

Baca juga: Ciptakan Rumah Tanpa Plafon, Tetap Kekinian dan Bikin Hemat Biaya

Compact House dengan Garasi di Bawah Rumah

Compact House
Compact House (dok. ArchDaily)

Siapa bilang lahan berukuran 50m2 akan menghambat terciptanya rumah estetik yang tampak luas? Buktinya adalah karya Arsitek Suppose Design Office yang terletak di Itabashi, Jepang.

Garasi terbuka yang terletak di bawah hunian yang dipadukan dengan bangunan compact tampak serasi.

***

Itulah sederet inspirasi garasi bawah rumah yang dapat menjadi salah satu solusi keterbatasan lahan.

Untuk menciptakan garasi bawah tanah yang diimpikan dan rumah di atasnya tetap berdiri kokoh, pemilihan material bangunan harus dipertimbangkan.

Dek lantai dari bahan ZINIUM® yang merupakan BjLAS berkualitas dapat menjadi pilihan. Tak hanya tahan korosi, penggunaan floordeck lebih ekonomis karena penggunaan tulangan hanya satu lapis dan volume beton dapat diminimalisir.