Menu Close

Bisakah Baja Ringan untuk Bangunan dengan Bentang Lebar?

Struktur Baja Ringan

Penggunaan baja ringan untuk rangka atap rumah tinggal bisa dibilang sudah umum. Tetapi bagaimana jika diaplikasikan pada bangunan dengan bentang lebar, apakah bisa?

Sebenarnya kemampuan rangka baja ringan dalam menopang beban tergantung pada perhitungan yang tepat. Hal ini juga termasuk untuk bangunan yang bentangnya lebar.

Terkait hal ini, sebenarnya faktor apa lagi yang memengaruhi material ini bisa atau tidak bisa untuk bangunan berbentang lebar? Berikut ulasannya.

Kuda-kuda Baja Ringan

Tidak hanya sebagai pengganti kuda-kuda kayu atau bambu saja. Kuda-kuda baja ringan pun bisa dibilang mulai menggeser popularitas kuda-kuda baja konvensional.

Terkait hal ini, material untuk membuat kuda-kuda baja ringan yang digunakan biasanya adalah kanal C. Adapun dalam pemasangannya, jarak juga penting untuk diperhatikan, yaitu maksimal 120 cm sesuai anjuran.

Reng Baja Ringan

Reng juga merupakan faktor penentu lain selain perlakuan terhadap gaya-gaya yang bekerja dalam suatu struktur, utamanya pada bangunan dengan bentang lebar.

Elemen penting ini harus kuat terpasang pada kuda-kuda. Itulah mengapa, sistem pengaku atau bracing penting dilakukan. Tujuannya agar seluruh kuda-kuda dapat menjalankan fungsinya sebagai satu sistem rangka atap.

Kualitas Baja Ringan

Berkat kepopuleran baja ringan dalam dunia konstruksi yang meningkat secara signifikan, terjadi persaingan antar produsen.

Demi membuat konsumen membeli produknya, terkadang ada pihak yang memangkas harga, sejalan dengan menurunkan mutu dan kualitas material.

Tentu hal ini akan merugikan, terutama jika menggunakan baja ringan sebagai rangka atap untuk bangunan bentang lebar. Sebab risiko ambruk bisa terjadi kapan saja.

Itulah kenapa, sebagai pengguna kita perlu teliti dalam membeli material. Pilih yang mutu dan kualitasnya terjamin.

Seperti Zinium, bahan baja ringan yang sudah terjamin kekokohan, ketahanannya terhadap karat, serta keawetannya melalui label SNI dan garansi.

Berdasarkan ulasan tersebut, artinya baja ringan memang bisa untuk bangunan dengan bentang lebar. Hanya saja, ada beberapa faktor yang turut memengaruhi keberhasilannya, mulai dari kuda-kuda, reng, hingga pemilihan bahan baja ringan.

Di samping itu, faktor yang tidak kalah penting lainnya pun tergantung dari tukang yang berpengalaman. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan para profesional yang telah bersertifikat untuk merancang dan melaksanakan proyek pembuatan atap baja ringan bentang lebar.