Menu Close

Talang Air Seperti Apa yang Bagus Dipasang di Rumah?

Talang Air

Talang air merupakan salah satu elemen yang tidak kalah penting dari atap rumah. Sebab tanpa kehadirannya, air hujan tidak dapat mengalir ke tempat pembuangan air. Akibatnya, risiko kebocoran pada atap akan meningkat.

Selain untuk mengalirkan air hujan ke tempat pembuangan air, fungsi talang juga untuk membuat fasad rumah semakin estetik.

Itulah mengapa, pemilihan jenis talang air perlu dipertimbangkan secara matang, baik dari segi material maupun bentuk. Terlebih lagi, berbeda hunian, maka rekomendasi talang pun tak sama.

Berdasarkan hal tersebut, jenis talang air seperti apa yang sebenarnya bagus untuk dipasang di rumah? Berikut ini adalah penjelasannya.

Talang PVC

Tidak hanya soal harganya yang murah. Jenis talang yang cukup populer di Indonesia ini pemasangannya juga mudah.

Adapun keunggulan talang PVC ini adalah tidak berkarat dan anti bising karena terbuat dari jenis plastik. Hanya saja, talang ini cukup rentan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem. Jika hal ini terjadi, setidaknya daya tahannya hanya sekitar 1 sampai 2 tahun saja.

Talang Logam

Sejalan dengan perkembangan industri logam, pengaplikasian material ini pun semakin meluas. Termasuk untuk talang air logam berbahan baja ringan (talang jurai).

Jenis talang ini pun banyak digunakan, karena selain ekonomis, bahannya cukup fleksibel untuk dibentuk sesuai bentuk atap, sehingga mudah mengalirkan air. Proses pemasangannya juga lebih mudah mengingat bobotnya yang ringan.

Sayangnya, terlepas dari beragam keunggulannya, terkadang talang logam dinilai mudah berkarat, serta membuat rumah panas.

Untuk mengatasinya, pilih material talang dari Zinium. Sebab, Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif PT. Sunrise Steel ini selain mampu memantulkan panas, juga sangat tahan terhadap korosi serta tampak baru lebih lama.

Talang Beton

Memang secara kekuatan dan daya tahan, jenis ini bisa dibilang lebih unggul dari dua talang yang dijelaskan sebelumnya. Perawatannya pun mudah, kapasitas daya tamping air besar, serta tidak menimbulkan suara berisik.

Hanya saja, talang beton memerlukan perencanaan yang sangat lama ketika akan dipasang. Desainnya juga harus sesuai dengan bentuk atap rumah. Selain itu, mengingat bobotnya yang berat, pengerjaannya akan lama dan biaya pasang tentu lebih mahal.

Itulah beberapa jenis talang air yang sering diaplikasikan di rumah. Jika ditanya mana yang paling bagus, sebenarnya tergantung kebutuhan. Apabil ingin yang tangguh, talang beton bisa dipilih, tetapi memerlukan dana lebih.

Ingin yang murah? Talang PVC bisa dipilih meskipun daya tahannya tidak sebaik talang beton. Sementara untuk mendapat dua keuntungan keduanya, talang logam berbahan Zinium dapat dipilih. Selain harganya lebih murah, pemasangannya mudah serta tahan korosi dan tampak baru lebih lama.