ZINIUM, BjLAS PT Sunrise Steel

Alasan Kenapa Harus Pilih Bahan Baja Ringan yang Massa Lapis dan Ketebalannya Stabil

Saat ini, baja ringan telah menjamur di pasaran, karena material ini cukup diminati masyarakat, terutama untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan.

Walau secara umum dianggap sebagai bahan bangunan yang kuat dan awet, namun belum tentu semua produk yang tersebar kualitasnya telah terjamin. Itulah kenapa, sebagai seorang konsumen, masyarakat harus lebih selektif dalam memilih material.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah memilih bahan baja ringan, yaitu Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) dengan massa lapis AZ (Aluminium-Zinc) dan ketebalan yang stabil.

Apa Itu Kestabilan Massa Lapis dan Ketebalan Bahan Baja Ringan?

Massa lapisan (coating) AZ merupakan lapisan yang menutupi permukaan bahan baja ringan dan berfungsi untuk melindungi dari karat/korosi.

Sementara itu, ketebalan bahan baja ringan mengacu pada Base Metal Thickness (BMT), yaitu tebal dasar baja sebelum dilapisi resin, coating AZ, maupun lapisan cat.

Keduanya menjadi bagian dari parameter untuk mengetahui apakah bahan baja ringan berkualitas. Dalam hal ini, stabilnya massa lapisan maupun ketebalan bahan baja ringan pun penting diperhatikan.

Kestabilan dari kedua parameter tersebut maksudnya dalam satu gulungan (coil) bahan baja ringan, massa lapisan AZ dan ketebalannya relatif stabil. Sebagai contoh, coil memiliki tebal 0,70 mm. Jika ketebalan coil tersebut stabil, maka tidak akan dijumpai ketebalan di salah satu titik hanya 0,65 mm atau bahkan di bawahnya.

Baca juga: Mengenal Lapisan AZ pada Baja Ringan, Jangan Sampai Tertukar!

Kenapa Harus Pilih yang Stabil?

Jika massa lapisan dan ketebalan yang relatif stabil, maka dalam setiap lembaran bahan baku baja ringan tersebut mampu mempertahankan performanya sesuai dengan spesifikasi ketebalan dan AZ yang dimiliki ,baik dalam mencegah korosi/karat karena massa lapisan AZ yang stabil, maupun mempertahankan kekuatan material lantaran ketebalannya juga stabil.

***

Pada dasarnya, pemilihan bahan baja ringan dengan massa lapisan AZ dan ketebalan yang stabil perlu dilakukan karena keduanya merupakan parameter dari kualitas material.

Seperti ZINIUM®, BjLAS inovasi dari PT Sunrise Steel yang bukan hanya sudah memiliki thickness (ketebalan) bahan baku serta massa lapis AZ yang relatif stabil. Produk ini juga telah memiliki sertifikasi SNI. Selain itu, identitas ZINIUM® pun bisa dijumpai pada setiap produk baja ringan yang dibeli, di mana hal ini merupakan jaminan suatu produk yang berkualitas.

https://sunrise-steel.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Services