Tips Memilih Baja Ringan yang Tahan Karat dan Ekonomis

Upaya dalam menciptakan produk inovatif yang kokoh, tahan lama, namun tetap ekonomis terus dikembangkan dalam industri konstruksi. Baja ringan bisa dikatakan merupakan salah satu jawabannya.

Namun seiring dengan menjamurnya baja ringan di pasaran, pengguna harus lebih selektif dalam memilih produk yang ketahanan terhadap karatnya terjamin dan ekonomis.

Tips Memilih Baja Ringan

  1. Sudah Ber-SNI

Standar Nasional Indonesia (SNI), khususnya pada produk baja ringan dapat menjamin mutu hasil industri supaya konsumen tidak tertipu dengan kualitas material.

Cara memilih baja ringan yang tepat dan berkualitas adalah yang sudah memiliki sertifikasi SNI 4096:2007 (SNI Baja lembaran dan gulungan lapis paduan aluminium – seng/Bj.LAS) yang merupakan SNI bahan baku baja ringan. Sementara berlabel SNI 8399:2017 merupakan SNI produk barang jadi rangka atap baja ringan.

  1. Ketebalan Sesuai

Ketebalan yang tertera pada produk harus sesuai dengan ketentuan SNI produk. Selain itu, hasilnya sesuai saat diukur dengan menggunakan alat ukur mikrometer (analog maupun digital) dengan akurasi alat ukur sampai dengan 0.001 mm.

  1. Massa Lapis Aluminium-Zinc

Tips memilih baja ringan yang tahan karat dan ekonomis yang tidak kalah penting adalah berdasarkan massa lapisan (coating) Aluminium-Zinc. Semakin berat lapisan AZ (gr/m2), maka ketahanan karatnya kian baik. Namun semakin berat lapisan AZ, budget yang diperlukan memang lebih banyak.

Melalui permasalahan tersebut, PT Sunrise Steel pun mengembangkan inovasi produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS), yaitu ZINIUM® DIVERSO.

Berbeda dengan BjLAS konvensional, ZINIUM® DIVERSO memiliki massa lapisan Aluminium-Zinc (AZ) berbeda di kedua sisinya. Lapisan atas (top coating) memiliki massa lapisan yang lebih berat dibandingan dengan lapisan bawah (bottom coating).

Baca juga: Baja Ringan Ramah Lingkungan? Ini Faktanya!

ZINIUM DIVERSO SAPPHIRE

Dalam hal ini, ZINIUM® DIVERSO hadir dalam dua seri, di antaranya:

  • ZINIUM® DIVERSO SAPPHIRE memiliki performa lebih baik/ setara dengan ZINIUM® ALNATT (AZ 200), dengan lapisan atas 100 gr/m2(setara dengan AZ200) dan lapisan bawah 60 gr/m2  (Setara dengan AZ150)
  • ZINIUM® DIVERSO EMERALD performanya lebih baik/ setara dengan ZINIUM® SAPPHIRE (AZ 150) dengan lapisan atas 70 gr/m2(setara dengan AZ150) dan lapisan bawah 40 gr/m2  (setara dengan AZ100).

ZINIUM DIVERSO EMERALD

Karena memiliki lapisan (coating) yang berbeda di setiap sisi, yaitu massa lapisan atas (top coating) lebih berat dibandingan dengan lapisan bawah (bottom coating), menjadikan seri ZINIUM® DIVERSO memberikan perlindungan lebih baik pada sisi atas yang lebih berisiko terhadap korosi tanpa mengabaikan performa mechanical properties dan tampilannya pun tetap atraktif.

Selain itu, penggunaan ZINIUM® DIVERSO akan lebih ekonomis. Sebagai contoh ZINIUM® DIVERSO EMERALD yang memiliki lapisan atas 70 gr/m2 dan lapisan bawah 40 gr/m2, performanya lebih baik/ setara dengan ZINIUM® SAPPHIRE (AZ 150)(untuk lapisan atas). Hal ini berarti biaya pembelian bahan hingga perawatan dapat diminimalisir, tanpa memengaruhi performa terhadap ketahanannya terhadap korosi maupun karat.

https://sunrise-steel.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Services