Menu Close

Atap Transparan untuk Rumah, Lebih Baik Pakai atau Tidak?

Atap Transparan

Atap transparan belakangan ini cukup digemari masyarakat karena tampilannya modern dan dinilai dapat menghemat penggunaan lampu di siang hari.

Namun di sisi lain, terkadang orang masih ragu untuk menggunakan jenis penutup atap ini. Penyebabnya adalah khawatir timbul suhu lebih panas pada ruang yang dipasang atap transparan, dari segi kekuatan, hingga cara perawatannya.

Lantas, melalui beberapa kekhawatiran tersebut, lebih baik tetap menggunakan atap transparan untuk rumah atau tidak? Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya.

Bagian Rumah yang Dipasang Atap Transparan

Tidak semua bagian rumah dapat menggunakan jenis penutup atap ini dengan alasan keamanan. Terlebih lagi jika hunian terletak di area perkotaan.

Umumnya, atap transparan dipasang di garasi luar atau untuk kanopi, tempat jemuran, dapur, maupun taman indoor.

Material yang Digunakan

Ada beberapa material pembuat atap transparan. Salah satunya adalah solarstuff, bahan yang tingkat kejernihannya setara dengan kaca. Permukaannya rata dan halus.

Bahkan material atap ini cukup tangguh, tahan bocor, tidak mudah bocor, fleksibel, tahan cuaca, memiliki lapisan UV protection, serta mampu meredam suara.

Material lainnya adalah dari polikarbonat yang tidak sejernih kaca, tetapi mampu meredam sinar matahari. Sehingga ruangan di bawah atap tetap terang, namun tidak terasa panas. Keunggulan dari bahan ini di antaranya tahan air dan rayap.

Selanjutnya ada kaca yang lebih baik digunakan sebagai skylight atau jendela di bagian langit-langit berukuran kecil. Tujuannya untuk mengurangi risiko kaca terjatuh mengingat bahan ini cukup berat. Terlebih lagi jika struktur penopangnya tidak dibuat dengan sempurna.

Perawatan Atap Transparan

Perawatan secara rutin, seperti membersihkannya secara rutin dari debu yang menempel perlu dilakukan jika ingin menggunakan jenis penutup atap tembus pandang ini. Sehingga atap tidak mudah kusam.

Khusus untuk penggunaan kaca, sebaiknya berikan pelapis khusus agar permukaan tidak mudah tergores akibat debu atau bahkan kerikil. Kaca laminated bisa jadi alternatif untuk mencegah berhamburnya pecahan apabila suatu saat atap terjatuh.

Rangka untuk Atap Transparan

Mengingat atap termasuk struktur bangunan yang penting, material yang digunakan tentu harus berkualitas. Terutama untuk rangka atap.

Dalam hal ini, pemilihan baja ringan untuk rangka atap transparan dapat dilakukan. Karena selain mampu menopang bobot atap dengan sempurna, penggunaannya akan lebih hemat, sehingga biaya dapat diminimalisir. Pengerjaannya pun dapat dilakukan dengan cepat.

Agar atap lebih kokoh dan awet, pilih baja ringan berbahan dan bertanda Zinium, produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovasi PT. Sunrise Steel yang kualitasnya sudah terjamin.

Pada dasarnya, melalui ulasan di atas, jika ditanya lagi soal lebih baik menggunakan atap transparan atau tidak, semua tergantung kebutuhan.

Apabila ingin lebih menghemat penggunaan listrik, jenis penutup atap ini bisa dipilih. Namun sebelumnya pertimbangkan pula bahan penutup atau pun rangka atapnya.