Menu Close

Kelebihan Rangka Baja Ringan untuk Atap Datar

Atap Datar Baja Ringan

Kini, penggunaan rangka baja ringan untuk atap bangunan dapat dikatakan semakin menggeser kepopuleran kayu. Bukan hanya memiliki banyak keunggulan. Keberadaan material ini juga merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian bumi.

Hal ini mengingat banyaknya penebangan liar, membuat bahan baku kayu makin berkurang. Keseimbangan bumi pun menjadi terganggu. Itulah mengapa, kayu mulai digantikan dengan baja ringan.

Untuk konstruksi bangunan, material baja ringan pun banyak dimanfaatkan. Termasuk untuk rangka atap datar.

Apa Kelebihan dari Rangka Baja Ringan untuk Atap Datar?

Tidak hanya mampu menopang beban berat atap, efisiensi waktu dalam proses pemasangan pun akan didapat ketika menggunakan material baja ringan.

Selain itu, kita tahu bahwa baja ringan juga tahan terhadap serangan rayap maupun karat. Bahkan material berbahan Zinium memiliki ketahanan yang lebih baik.

Merupakan produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif PT. Sunrise Steel, Zinium memiliki ketahanan terhadap korosi yang sangat baik.

Artinya, baja ringan berbahan Zinium yang digunakan untuk rangka atap datar akan lebih tahan lama, meskipun diterapkan di Indonesia yang curah hujannya cukup tinggi.

Hanya saja, untuk membuat atap baja ringan lebih awet, setidaknya buat atap miring sekitar 2 derajat agar air hujan tidak menggenang, yang menyebabkan material cepat mengalami korosi.

Jenis Penutup Atap Datar

Sebenarnya rangka baja ringan dapat menopang genteng apapun, termasuk yang terbuat dari tanah liat. Namun, jenis penutup atap dari logam seperti genteng metal sebenarnya lebih cocok.

Selain bobotnya ringan dan tidak terlalu member tekanan berlebih pada rangka, jenis penutup atap ini juga lebih kokoh dan tahan lama. Bahkan, genteng metal juga akan memberi rasa sejuk pada ruang di bawahnya. Terlebih lagi jika insulasi ditambahkan sebelum dilakukan pemasangan genteng.

Pada dasarnya, penggunaan rangka baja ringan untuk konstruksi bangunan semakin populer. Termasuk untuk atap datar yang diminati oleh penggemar rumah minimalis.

Banyak kelebihan dari baja ringan saat digunakan untuk rangka atap datar. Terlebih jika bahan baja ringan yang digunakan adalah Zinium. Karena material ini selain tahan lama, ketahanan terhadap korosi juga sangat bagus, juga tampak baru lebih lama.