Jangan Dianggap Sepele, Ini Manfaat Sarung Tangan Safety untuk Pekerja Proyek

Pekerjaan di dunia konstruksi sangat berisiko. Potensi cidera ringan atau bahkan berat yang mengakibatkan cacat pada para pekerja proyek pun bisa terjadi.

Itulah mengapa Alat Pelindung Diri (APD) diperlukan. Salah satunya adalah sarung tangan safety (safety gloves).

Secara singkat, safety gloves memang untuk melindungi tangan dari cidera saat bekerja di lokasi proyek. Namun sebenarnya lebih dari itu, berikut beberapa manfaat yang didapat pekerja jika menggunakan jenis APD ini.

  1. Mencegah tusukan dan cedera benda tajam

Berbeda dari sarung tangan biasa, safety gloves menawarkan perlindungan yang lebih optimal. Desainnya yang kokoh dan tahan lama, mampu melindungi tangan dari potensi tusukan atau cedera benda tajam di lokasi konstruksi.

Savety gloves

Penggunaan padded cloth gloves atau metal mesh gloves (sarung tangan mekanik) bisa dilakukan.

  1. Memberikan perlindungan dari cedera kimia

Risiko terkena cairan kimia juga bisa dialami pekerja konstruksi. Tangan yang tidak terlindung berpotensi terkena cairan kimia yang pada akhirnya bisa meninggalkan jejak luka bakar. Karenanya, penting untuk menggunakan sarung tangan khusus, seperti vinyl dan neoprene gloves.

  1. Mencegah hilangnya jari dan tangan

Sarung tangan safety ini diciptakan sebagai alat yang gigih dalam memastikan keamanan tangan sepenuhnya. Termasuk untuk mencegah pekerja proyek kehilangan jari atau tangan karena penggunaan alat di lokasi konstruksi, misalnya seperti mesin gerinda. Dalam hal ini, sarung tangan mekanik bisa digunakan untuk melindungi tangan dari benda-benda super tajam.

  1. Melindungi tangan dari api dan panas

Sarung Tangan Safety

Pekerja konstruksi berisiko bersinggungan dengan benda-benda yang menimbulkan panas berlebih, misalnya seperti mesin las. Penggunaan sarung tangan khusus seperti leather gloves (sarung tangan kulit) akan melindungi pekerja dari cedera.

  1. Memberi perlindungan dari bahaya listrik

Tidak jarang, pekerja konstruksi juga berhubungan dengan aliran listrik. Guna mencegah terjadinya risiko kecelakaan kerja karena listrik, penting untuk menggunakan APD sarung tangan safety yang terbuat dari karet (rubber gloves).

***

Itulah manfaat-manfaat yang akan didapat jika disiplin dalam menggunakan jenis APD seperti sarung tangan safety.

Selain patuh dalam penggunaan safety gloves, perlindungan lain juga diperlukan bagi para pekerja konstruksi, mengingat risiko kecelakaan pada profesi di bidang ini cukup tinggi. Salah satunya dengan melakukan antisipasi dari dampak lanjutan kecelakaan, seperti terkait biaya yang mungkin dikeluarkan untuk pengobatan maupun keperluan lainnya.

Kabar baiknya, ZINIUM® punya solusi dari permasalahan tersebut, yaitu Santunan Tukang Baja Ringan yang berlangsung mulai 1 September 2022 sampai dengan 31 Agustus 2023.

https://sunrise-steel.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Services