Bahan Baku Baja Ringan ZINIUM

Cara Memilih Bahan Baja Ringan yang Tepat untuk Kebutuhan Bangunan

Baja ringan merupakan salah satu material yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat, terutama untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan. Bukan hanya karena kuat, baja ringan juga memiliki keunggulan lain, seperti tahan karat, awet, hingga efisien terhadap biaya dan waktu pemasangan.

Namun, untuk mendapatkan keuntungan optimal, penting untuk memilih baja ringan yang diproduksi dari bahan baku (Baja Lapis Aluminium Seng/ BjLAS) yang sesuai dengan kebutuhan bangunan.

Tips Memilih Bahan Baja Ringan yang Tepat

  1. Massa Lapis (Coating) Aluminium-Zinc (AZ) Sesuai Kebutuhan

Massa lapis AZ berkaitan dengan ketahanan baja ringan terhadap korosi/karat. Prinsipnya, semakin besar nilai AZ, baja ringan juga kian tahan terhadap lingkungan yang korosif.

Sebagai contoh, baja ringan AZ 200 (200 gram/m2) mampu bertahan di wilayah dengan cuaca ekstrem dan tingkat korosi tinggi. Sehingga material ini ideal diaplikasikan pada hunian premium, pabrik, hingga peternakan.

Di sisi lain, baja ringan AZ 70 (70 gram/m2) lebih cocok diaplikasikan untuk kebutuhan interior, seperti pintu baja ringan, dinding partisi, hingga rangka plafon.

  1. Ketebalan yang Sesuai

Pilih baja ringan dengan ketebalan sesuai dengan beban yang akan ditanggung. Semakin berat beban yang akan ditanggung, semakin tebal pula baja ringan yang digunakan.

Ilustrasi pekerja konstruksi di rangka atap baja ringan

Contohnya, sebuah rumah direncanakan akan menggunakan penutup atap berupa genteng beton. Maka, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah ketebalan baja ringan Kanal C yang digunakan sebagai kuda kuda rangka atap memiliki ketebalan 0,75 mm.

  1. Sudah Memiliki Sertifikasi SNI

Standar Nasional Indonesia (SNI), khususnya pada produk baja ringan dapat menjamin mutu hasil industri supaya konsumen tidak tertipu dengan kualitas material.

Cara memilih baja ringan yang tepat dan berkualitas adalah yang sudah memiliki sertifikasi SNI 4096:2007 (SNI Baja lembaran dan gulungan lapis paduan Aluminium-Seng/Bj.LAS) yang merupakan SNI bahan baku baja ringan.

Baca juga: Mengenal Lapisan AZ pada Baja Ringan, Jangan Sampai Tertukar!

  1. Identitas bahan baku yang jelas

Setiap lembar atap, batang kanal C, hollow dan reng bisa dijumpai dari identitas pembuat bahan baku, sehingga bisa mengetahui darimana bahan baku produk tersebut berasal karena bahan baku merupakan faktor terpenting dalam menentukan kualitas suatu produk.

***

Itulah beberapa tips dalam memilih bahan baja ringan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bangunan. Mengingat material ini turut memengaruhi kualitas bangunan, maka penting untuk memilih produk yang terjamin mutunya.

Seperti ZINIUM®, BjLAS inovasi dari PT Sunrise Steel yang bukan hanya sudah memiliki sertifikasi SNI. Produk ini juga memiliki thickness (ketebalan) bahan baku serta massa lapis AZ yang relatif stabil. Identitas ZINIUM® pun bisa dijumpai pada setiap produk baja ringan yang Anda beli, di mana hal ini merupakan jaminan suatu produk yang berkualitas.

https://sunrise-steel.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Services