Menu Close

DIY Baja Ringan yang Bisa Datangkan Cuan, Kreativitas Tanpa Batas!

Kreasi Baja Ringan

DIY (Do It Yourself/ kreasi) baja ringan menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan cuan atau penghasilan tambahan di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Sebab sebagai material yang seolah mulai menggeser popularitas kayu, ternyata baja ringan bukan hanya bisa digunakan untuk  rangka atap, dinding, lantai, hingga plafon.

Perabotan rumah tangga dan kreasi lainnya yang dulu menggunakan kayu sebagai material utamanya pun kini dapat digantikan oleh baja ringan. Apa saja sih?

DIY Rak Bunga Baja Ringan

Tren menanam bunga maupun jenis tanaman hias lainnya sampai saat ini masih menjamur. Tak heran, hal ini juga memengaruhi popularitas rak bunga.

Rak Bunga Baja Ringan
Rak Bunga dari Baja Ringan (dok. Instagram @pernik_aisaluwa)

Jika dulu mungkin kayu yang menjadi material utama untuk pembuatan rak, kini baja ringan seperti jenis kanal C hingga hollow dapat digunakan.

Selain lebih kokoh, tahan karat, serta tidak mudah lapuk seperti kayu, aplikasi baja ringan untuk rak bunga juga menguntungkan, karena lebih efisiensi waktu dan dana.

DIY Kandang Kucing Baja Ringan

Kucing juga membutuhkan tempat naungan seperti kandang yang nyaman agar ia tidak mudah stress. Dalam hal ini, baja ringan dapat digunakan sebagai material pembuatan kandang.

Kandang Kucing Baja Ringan
Kandang Kucing dari Baja Ringan (dok. Instagram @istana_kucing_klaten)

Selain tidak mudah keropos seperti kayu, tampilan kandang kucing baja ringan juga lebih menarik serta efisien waktu dan dana.

Menariknya, peluang untuk menjadikan kandang kucing dari baja ringan sebagai ladang bisnis terbuka lebar. Hal ini mengingat tak sedikit orang yang suka dengan makhluk berbulu ini.

Rak Sepatu Baja Ringan

Beragam model rak sepatu memang banyak dijual di pasaran. Biasanya, material yang digunakan adalah plastik hingga aluminium.

Selain kedua material tersebut, tidak ada salahnya memanfaatkan baja ringan bekas konstruksi plafon rumah seperti jenis hollow untuk DIY rak sepatu.

Rak Sepatu Baja Ringan
Rak Sepatu dari Baja Ringan (dok. Instagram @n.a.nproject)

Sebab bukan hanya lebih hemat pengeluaran. Kreasi baja ringan rak sepatu ini juga lebih kokoh, dapat dibuat sesuai kreativitas kita, serta berpeluang untuk mendatangkan cuan.

Rak Piring Baja Ringan

Ada sisa hollow baja ringan dari pembuatan rangka plafon? Jangan buang dulu, karena material ini dapat diaplikasikan untuk rak piring serbaguna.

Rak Piring Baja Ringan
Rak Piring dari Baja Ringan (dok. Instagram @n.a.nproject)

Tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sendiri. DIY rak piring dari baja ringan ini juga akan mendatangkan cuan.

Kitchen Set Baja Ringan

Baja ringan juga dapat dipadukan dengan material lain seperti kaca, hingga menjadi kreasi furnitur dapur yang estetik.

Kitchen Set Baja Ringan
Kitchen Set dari Baja Ringan (dok. Instagram @mandiriberdikari)

Jenis baja ringan yang dapat digunakan untuk kreasi kitchen set ini sendiri adalah hollow baja ringan dan coil.

***

Itulah sederet inspirasi DIY baja ringan yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan penghasilan tambahan.

Ingin kreasi lebih awet, tampak baru lebih lama, dan mendatangkan cuan lebih banyak? Solusinya, pakai baja ringan yang menggunakan material berkualitas, seperti ZINIUM®, Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovasi PT Sunrise Steel.