Menu Close

Berapa Kebutuhan Rangka Baja Ringan untuk Plafon?

Rangka Plafon Baja Ringan

Rangka baja ringan kini bukan hanya populer untuk kebutuhan atap saja. Bagian interior bangunan maupun rumah pun memanfaatkan material ini. Salah satunya untuk plafon.

Sebagai pengganti kayu, bahan yang biasanya berupa hollow baja ringan untuk plafon ini memiliki banyak keunggulan. Seperti tahan karat dan rayap, kokoh, dan awet.

Penggunaan rangka baja ringan untuk plafon juga bisa dibilang lebih efisien dan tepat sasaran karena pemasangannya cepat serta hasilnya pas.

Terkait hal tersebut, bagaimana kita bisa tahu kebutuhan baja ringan untuk plafon rumah? Berapa batang material yang perlu dipersiapkan?

Meski sebenarnya dapat dilakukan oleh ahli bangunan, namun kamu juga dapat menghitung kebutuhan baja ringan untuk plafon sendiri dengan cara sebagai berikut.

Contoh Penghitungan Rangka Baja Ringan untuk Plafon

Ukuran ruang yang akan dipasang plafon perlu untuk diketahui sebelum menghitung kebutuhan bahan baja ringan.

Sebagai contoh, ukuran ruang yang akan dipasang rangka plafon adalah 9 x 6 meter. Biasanya hollow yang digunakan memiliki panjang 4m/ batang.

Jarak pemasangan rangka hollow pada umumnya adalah 60cm untuk ukuran memanjang. Kemudian 3 baris di tengah dipasang untuk cross. Sedangkan rangka yang mengeliling ruangan pada dinding harus dipasang terlebih dahulu.

Selanjutnya, diketahui hasil sebagai berikut.

  • Rangka yang mengelilingi dinding = (9 + 6) x 2 = 30m.
  • Jumlah rangka per 60cm (0,6m) = 9 / 0,6 = 15 baris. Jadi, baja ringan yang dibutuhkan adalah = 15 baris x 4m = 60 meter.
  • Jumlah cross hollow baja ringan yang dibutuhkan = 3 baris x 9m = 27 meter.

Berdasarkan contoh di atas, maka panjang total rangka baja ringan yang dibutuhkan untuk ruang dengan ukuran 9 x 6 yaitu = 30m + 60m + 27m = 117m.

Sedangkan untuk kebutuhan batang hollow baja ringan adalah = 117m/4m = 29,25 batang atau 30 batang hollow.

Itulah cara menghitung kebutuhan rangka baja ringan untuk plafon dengan contoh ruang berukuran 9 x 6 meter.

Mengingat fungsi plafon bukan hanya untuk membuat ruangan estetik, tetapi juga mengurangi panas serta meredam suara, maka perlu memilih bahan berkualitas.

Apapun mereknya, pastikan bahan baja ringan yang digunakan terjamin mutunya, seperti Zinium.Ada banyak produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif PT. Sunrise Steel yang digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Khusus interior, biasanya produk Zinium Ruby yang digunakan. Sudah dilabeli garansi pelapisan 70 gram per meter persegi, tentu bahan ini cocok dan aman untuk plafon.