Ilustrasi - Pemasangan Baja Ringan untuk Kebutuhan Atap

Perbedaan ZINIUM® DIVERSO dan Baja Ringan Konvensional, Mana yang Cocok untuk Kebutuhan Atap?

Seiring dengan perkembangan di sektor konstruksi, berbagai material inovatif tercipta. Termasuk material untuk pembangunan atap yang memiliki durability baik sekaligus efisien terhadap waktu dan biaya.

ZINIUM® DIVERSO dan baja ringan konvensional adalah contoh bahan bangunan yang dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan atap.

Namun, apa perbedaan dari keduanya dan material mana yang paling cocok untuk diaplikasikan pada atap bangunan?

ZINIUM® DIVERSO vs Baja Ringan Konvensional

Baik ZINIUM® DIVERSO maupun baja ringan konvensional sama-sama menggunakan material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS). Tetapi ada beberapa perbedaan pada keduanya, yaitu:

  1. Lapisan AZ

ZINIUM® DIVERSO adalah jenis BjLAS yang memiliki massa lapisan Aluminium-Zinc (AZ) berbeda di kedua sisinya. Lapisan atas (top coating) memiliki massa lapisan yang lebih berat dibandingan dengan lapisan bawah (bottom coating).

ZINIUM DIVERSO SAPPHIRE

Dalam hal ini,  ZINIUM® DIVERSO hadir dalam dua seri, di antaranya:

  • ZINIUM® DIVERSO SAPPHIRE memiliki performa lebih baik/ setara dengan ZINIUM® ALNATT (AZ 200), dengan lapisan atas 100 gr/m2(setara dengan AZ200) dan lapisan bawah 60 gr/m2  (Setara dengan AZ150)
  • ZINIUM® DIVERSO EMERALD performanya lebih baik/ setara dengan ZINIUM® SAPPHIRE (AZ 150) dengan lapisan atas 70 gr/m2(setara dengan AZ150) dan lapisan bawah 40 gr/m2  (setara dengan AZ100).

Sementara itu, produk baja ringan konvensional (yang umum beredar di pasaran) memiliki lapisan massa yang sama di kedua sisinya. Sebagai contoh, baja ringan AZ 100 berarti massa lapis Aluminium-Zinc bagian atas maupun bawah masing-masing adalah 40 gr/m2 – 50 gr/m2.

Baca juga: Kualitas Baja Ringan Bisa Dilihat dari Visualnya Saja? Ini Faktanya!

  1. Durability

Karena memiliki lapisan (coating) yang berbeda di setiap sisi, yaitu massa lapisan atas (top coating) lebih berat dibandingan dengan lapisan bawah (bottom coating), menjadikan seri ZINIUM® DIVERSO memberikan perlindungan lebih baik pada sisi atas yang lebih berisiko terhadap korosi tanpa mengabaikan performa mechanical properties dan tampilannya pun tetap atraktif.

Sedangkan baja ringan konvensional karena massa lapisan yang sama di kedua sisinya, berarti sisi atas yang terkena elemen lebih berisiko rentan terhadap korosi daripada sisi bawah, jika diasumsikan mendapatkan perlindungan terhadap korosi yang sama.

Padahal sebaiknya sisi atas mendapat perlindungan yang lebih baik dibandingkan dengan sisi bawah karena lebih rentan terhadap korosi. Terlebih lagi jika produk yang digunakan memiliki massa lapisan AZ yang tidak sesuai dengan SNI serta tidak sesuai dalam penggunaannya.

  1. Efisiensi Biaya

ZINIUM DIVERSO EMERALD

Penggunaan ZINIUM® DIVERSO yang memiliki massa lapis berbeda di kedua sisinya akan lebih ekonomis. Sebagai contoh ZINIUM® DIVERSO EMERALD yang memiliki lapisan atas 70 gr/m2 dan lapisan bawah 40 gr/m2, performanya lebih baik/ setara dengan ZINIUM® SAPPHIRE (AZ 150)(untuk lapisan atas). Hal ini berarti biaya pembelian bahan hingga perawatan dapat diminimalisir, tanpa memengaruhi performa terhadap ketahanannya terhadap korosi maupun karat.

Sementara itu, baja ringan konvensional lebih rentan terhadap korosi maupun karat karena memiliki massa lapisan yang sama anatara sisi atas dan sisi bawah, terlebih jika massa lapisan tidak sesuai standar yang berlaku. Sehingga berpotensi membutuhkan biaya tambahan untuk perawatan atau bahkan penggantian material dalam waktu relatif lebih singkat.

***

Dapat disimpulkan bahwa ZINIUM® DIVERSO menawarkan berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan baja ringan konvensional.

Produk ZINIUM® DIVERSO pun lebih menguntungkan ketika diaplikasikan untuk kebutuhan atap yang memerlukan performa optimal dari suatu produk, terutama pada sisi atas (terekspos pada lingkungan luar).

https://sunrise-steel.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Services