Menu Close

Amankah Dak Lantai Baja Ringan untuk Meningkat Rumah?

Dak Lantai Baja Ringan

Dak lantai baja ringan mungkin masih asing bagi beberapa orang. Sebab, selama ini umumnya baja ringan digunakan sebagai rangka atap, kanopi, atau pun plafon.

Meskipun demikian, pada kenyataannya, penggunaan jenis baja ini semakin meluas. Termasuk untuk dak lantai, pengganti beton konvensional yang menggunakan bekisting multipleks maupun kayu.

Sekarang pertanyaannya, apakah baja dengan bobot ringan ini aman jika digunakan sebagai lantai, khususnya untuk meningkat rumah? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Dak Lantai Baja Ringan?

Dak merupakan istilah yang artinya pembatas antara lantai bawah dan atasnya. Sehingga dak lantai baja ringan dapat diartikan sebagai pembatas antara lantai bawah dan atas yang terbuat dari material baja ringan.

Biasanya, bentuknya bergelombang dan memiliki tonjolan atau embossement yang berguna untuk mencegah pergeseran beton dari risiko retak rambut.

Fungsi dari elemen yang disebut sebagai metal deck ini ada empat, yaitu sebagai beskisting, tulangan positif, lantai kerja, serta untuk plafon.

Keunggulan Dak Baja Ringan

Berbeda ketika menggunakan material lain seperti kayu, ada beragam keuntungan dari penggunakan metal deck, yaitu:

  • Kebutuhan volume beton dapat dikurangi karena terpotong volume cekungan volume profil material dak.
  • Karena metal deck juga dapat difungsikan sebagai tulangan, artinya kebutuhan besi tulangan pun akan berkurang.
  • Mengingat bobotnya ringan, maka proses pengangkutan akan lebih mudah.
  • Pengaplikasiannya juga mudah dan cepat sehingga akan lebih efisien. Selain itu, proses pelaksanannya pun tidak perlu dibongkar seperti saat menggunakan bekisting konvensional dari multipleks maupun kayu.
  • Lebih ekonomis, karena beton yang digunakan tidak terlalu banyak. Penggunaan tulangan pun hanya satu lapis.

Tips Memilih Bahan Baja Ringan untuk Dak Lantai

Untuk memilih material dak lantai berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti yang berkaitan dengan massa lapisan, kekuatan tarik minimum, serta ketebalan bahan itu sendiri.

Di pasaran memang sudah banyak beredar dak lantai atau floor deck beragam merek dengan kualitas yang bervariasi pula.

Apapun mereknya, bahan pembuat dak perlu diperhatikan. Dalam hal ini, dak baja ringan berbahan dan bertanda Zinium adalah pilihan terbaik.

Sebab, bukan hanya tahan karat, kokoh, dan memiliki berbagai keunggulan lainnya. Produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovatif PT. Sunrise Steel ini pun telah mendapatkan rekomendasi dari laboratoriam yang independent dan terpercaya, yaitu ITS. Artinya, aman jika digunakan untuk meningkat rumah.

Itulah ulasan tentang dak lantai baja ringan yang aman jika digunakan sebagai material untuk meningkat rumah. Terutama jika menggunakan dak baja ringan berbahan Zinium. Berbagai keunggulan pun akan diperoleh ketika menggunakannya, seperti lebih efisien hingga ekonomis.