Menu Close

Tips Membuat Kanopi Baja Ringan Awet Sampai Puluhan Tahun

Kanopi Baja Ringan

Kanopi baja ringan dalam beberapa tahun ini dapat dikatakan semakin populer. Salah satu alasannya karena keunggulannya yang mampu menjadi pesaing kayu, besi, atau material lain.

Mengingat kanopi merupakan bagian penting dari hunian, tidak salah jika dalam pemilihan material pembuatnya sangat diperhitungkan. Karena elemen ini nantinya bukan hanya untuk membuat fasad rumah estetik. Tetapi juga melindungi tempat tinggal dari pengaruh cuaca sampai waktu yang lama.

Dalam hal ini, ada beberapa tips untuk membuat kanopi baja ringan bisa awet sampai bertahun-tahun. Di antaranya sebagai berikut.

Penghitungan Kebutuhan Baja Ringan untuk Kanopi

Kebutuhan baja ringan yang digunakan untuk kanopi tergantung pada luas lahan yang tersedia. Untuk itu, penghitungan perlu dilakukan secara teliti.

Terutama untuk kerangka kanopi yang akan menopang penutup atap. Jika jumlah baja ringan kurang dari standar, risiko kanopi ambruk akan lebih tinggi.

Teknik Pembuatan Kanopi

Seperti halnya pada rangka atap baja ringan, pemasangan kanopi dari material serupa pun tidak boleh sembarangan.

Perlu teknik khusus, seperti penentuan jarak antar rangka atap kanopi, kemiringan kanopi, hingga berapa banyak skrup yang digunakan.

Pemilihan Bahan Baja Ringan

Berbagai merek baja ringan yang beredar di pasaran, dengan kualitas yang beragam pula. Artinya, kita harus lebih selektif dalam memilih material agar kanopi bisa lebih awet.

Dalam hal ini, Zinium Diverso Sapphire yang merupakan produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) inovasi dari PT. Sunrise Steel menjawab tantangan dan kebutuhan pasar. Terutama jika dikaitkan dengan kondisi cuaca di Indonesia yang cukup ekstrem.

Memiliki lapisan atas yang lebih berat daripada bagian bawahnya, yaitu 100/60 gr/m2 atau rata-rata 160gr/m2, membuat performa bahan baja ringan ini setara dengan Zinium Alnatt (AZ 200). Sehingga mampu lebih tahan terhadap korosi, tahan suhu tinggi, hingga terlihat baru lebih lama. Menariknya lagi, harga material ini juga lebih ekonomis.

Perawatan Kanopi

Terkadang faktor yang membuat kanopi lebih awet bukan hanya terletak pada teknik yang tepat atau penggunaan material berkualitas.

Perawatan kanopi secara berkala pun perlu dilakukan. Terutama ketika musim hujan. Sebagai contoh, bisa saja sisa air hujan menimbulkan adanya genangan yang membuat atap lebih rentan berkarat. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan dan membersihkan genangan air di atas atap, khususnya jika model kanopi lebih datar.

Pada dasarnya, membuat kanopi baja ringan bisa lebih awet hingga bertahun-tahun tidak terlalu sulit. Salah satu tips yang dapat dilakukan adalah memilih baja ringan berkualitas, seperti yang berbahan dan bertanda Zinium.