Menu Close

Ducting Air BjLAS, Solusi Dapatkan Udara Segar Setiap Saat

Ducting Air

Terutama untuk gedung perkantoran maupun pusat perbelanjaan, perancangan sistem ducting air sangat penting dilakukan. Fungsinya adalah untuk mendapatkan udara segar yang merata pada setiap ruangan.

Dalam hal ini, ducting akan menyalurkan udara dari satu tempat ke area lain melalui pipa yang dibuat dari material tertentu dan didesain sedemikian rupa.

Berdasarkan material pembuatnya, BjLAS atau Baja Lapis Aluminium Seng dapat dikatakan merupakan salah satu bahan yang umum digunakan. Dalam hal ini, ducting air BjLAS terbagi lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

Ducting BjLAS Tanpa Isolasi

Jenis ini cocok digunakan untuk menyalurkan udara saja dari satu tempat ke tempat lain tanpa mempertahankan kestabilan suhu. Berikut adalah contoh ducting jenis ini.

  • Ducting exhaust. Fungsinya untuk mengatur sirkulasi udara dalam ruangan seperti toilet, tempat parkir, dan lainnya.
  • Ducting fresh air. Biasanya difungsikan untuk menyalurkan udara dari unit AC dari ruang ke ruang lain.
  • Ducting intake. Jenis ini digunakan untuk menyalurkan udara dari luar bangunan ke ruangan yang membutuhkan udara segar, seperti parkir mobil basement.

Ducting BjLAS Isolasi Luar

Berbeda dengan jenis sebelumnya, ducting air ini dilapisi dengan bahan lain sepert glass woll dengan ketebalan sesuai kebutuhan.

Semakin dingin udara yang akan disalurkan, maka semakin tebal pula glass woll yang digunakan di luar pipa ducting.

Ducting BjLAS Isolasi Dalam dan Luar

Sementara itu, jenis ducting air ini memiliki lapisan di kedua sisinya, yaitu bagian dalam dan luar. Umumnya, tipe ini difungsikan untuk menyalurkan udara yang sangat dingin.

Adapun tujuan dari pelapisan di kedua sisi ducting adalah untuk menghindari terjadinya kondensasi. Lebih dari itu, pelapisan bagian dalam yang dilakukan juga dapat meredam suara dari hembusan angin yang kuat.

Itulah beberapa jenis ducting air BjLAS yang biasanya digunakan pada gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Untuk mendapatkan sistem ducting yang kokoh dan tahan lama, pemilihan material perlu dipertimbangkan. Terkait hal ini, Zinium yang merupakan produk BjLAS inovatif PT. Sunrise Steel adalah jawabannya.

Selain ketahanan terhadap korosinya sangat baik, Zinium juga memiliki berbagai keunggulan. Seperti daya pantul terhadap panas yang baik, tahan suhu tinggi, sudah ber-SNI, bergaransi, serta tampak baru lebih lama.